-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Petani Keluhkan Turunnya Harga TBS Kelapa Sawit 50 Persen di Mukomuko

Kamis, 23 September 2021 | September 23, 2021 WIB Last Updated 2021-09-23T03:38:43Z


Mukomuko (kabar-nusanta.com) - Petani mengeluhkan turunnya produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit hingga 50 persen akibat pengaruh musim ‘trek” atau sedikit berbuah, di Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Dikutip dari laman bengkulu.antaranews.com, Rabu  (23/9/2021).

 

Petani kebun sawit di Kecamatan XIV Koto, Darsono mengatakan, saat musim trek sekarang ini produksi buah sawit turun drastis, "biasanya minimal hasil panen sawit satu ton/hektare, sekarang hanya 300 hingga 500 kilogram," kata Darsono.


Ia menyatakan, musim panen sawit sedikit berbuah ini bukan karena tanaman kelapa sawit kurang dipelihara seperti kurang pupuk tetapi ini adalah kondisi yang pasti terjadi setiap tahun. Ia mengatakan, musim trek yang dialami tanaman kelapa sawit milik petani di wilayah ini selama empat bulan, atau lebih lama dibandingkan musim trek di kebun kelapa sawit di lahan gambut.

"Sawit milik petani di wilayah ini ditanam di tanah kuning biasanya musim trek bisa selama empat bulan, berbeda dengan lahan gambut biasanya hanya dua bulan," ujarnya.

 

Menurut dia, harga tandan buah segar kelapa sawit yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini lebih tinggi dibandingkan sebelumnya karena buah sawit tersedia sedikit di saat musim trek sekarang ini. "Kami  berharap, harga tandan buah segar kelapa sawit yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini bisa bertahan sampai berakhirnya musim trek," harapnya.

 

Sementara itu Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto menyebutkan harga TBS kelapa sawit oleh sebagian pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini naik sebesar Rp 20 hingga Rp90/kilogram sejak beberapa hari terakhir dibandingkan sebelumnya.

 

Ia menyebutkan, harga sawit di PT Sapta naik dari sebesar Rp2.050 per kg menjadi Rp2.240 per kg, harga sawit di PT DDP naik dari sebesar Rp2.250 per kg. Sedangkan harga sawit di delapan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini masih stabil atau sama dengan sebelumnya, yakni harga sawit di PT KSM Rp2.260 per kg, harga sawit di PT MMIL Rp2.280 per kg.

Selanjutnya harga-harga TBS sebagai berikut:

Harga sawit di PT SSS Rp2.280 per kg, harga sawit di PT SAP Rp2.280 per kg, harga sawit di PT KAS Rp2.280 per kg, harga sawit di PT USM Rp2.340 per kg, harga sawit di PT BMK Rp2.330 per kg, harga sawit di PT GSS Rp2.340 per kg. (Sinema Laia)


sumber: https://bengkulu.antaranews.com/berita/


×
Berita Terbaru Update