-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pelayanan PLN Teminabuan Kebutuhan Listrik Sudah Maksimal.

Kamis, 23 September 2021 | September 23, 2021 WIB Last Updated 2021-09-23T02:29:53Z

Jayawijaya (kabar-nusantara.com) - Kepala  PT. PLN Persero Teminabuan, Andi Akmal Fadlan menyatakan, kebutuhan masyarakat untuk  listrik sudah sangat maksimal,  PLN masih mempunyai daya persiapan sekitar 600 kw. Pengeluaran daya ada 4 jalur namun 3 pengeluaran sudah handal untuk melanyani kebutuhan masyarakat, saat diwaw2ancarai di kantornya, Rabu (22/9). 

 

"Pelayanan PLN Sorong Selatan mulai dari Teminabuan hingga Maybrat, Kumurkek dan Aifat utara hingga Aiwasi, dengan ruas panjang aliran di perkirakan 200 km. panjangnya jaringan tersebut juga merupakan kendala, dalam jalur bentangan kabel tidak boleh ada sentuhan yang menyebabkan terjadinya sentuhan kabel besar," papar Andi Akmal Fadlan.


Saat di tanyakan kendala PLN  Teminabuan, dia menyampaikan bahwa gangguan yang sering terjadi dan yang mereka hadapi adalah,  "gangguan external seperti sentuhan pohon pada jaringan listrik, apabila terjadi sentuhan maka terjadi pemadaman secara otomatis sesuai setingan pada gangguan jaringan," jelasnya.

.

Begitu pula  kendala yang sering  di hadapi ada juga dari factor alam, seperti hujan deras petir dan pohon tumbang, inilah kendala - kendala  yang sering mereka hadapi.  Begitupula dengan gangguan jaringan yang disebabkan oleh hewan kelelawar, ular.  Ini juga merupakan factor penyebab padamnya listrik secara tiba-tiba. 


Apabila hal ini terjadi seperti apa yang di sampaikan kepada awak media’ pengecekan gangguan  jaringan akan di periksa dari tiang ke tiang dan membutuhkan waktu yang lama. Sejauh ini kemampuan listrik Sorong Selatan surplus serta masih mampu melayani masyarakat bahkan kelebihan kapasitas daya mesin.  PT. PLN  Teminabuan masih mampu dan menyisakan daya sekitan 600 kw.


Penyebab pemadaman secara tiba tiba, biasanya adalah gangguan jaringan, untuk itu Kepala PT. PLN memberikan himbauan kepada masyarakat, kiranya agar dapat bekerja sama dalam menggunakan listrik, agar selalu memperhatikan sesuai kebutuhan keluarga.

"Apabila ada pemadaman bergilir atau keseluruhan satu hari sebelumnnya PLN sudah memberikan pengumuman yang di tayangkan pada media social," terang Andi.


Menurut data yang ada, gangguan yang sering terjadi adalah daerah Sayolo dan sekitarnya ini disebabkan karena jaringannya atau jalunya hingga ke wilayah Komalin dan melewati batas Kab. Sorong, apabila ada gangguan jaringan di jalur ini, otomatis akan padam.

 

Sementara ini masalah penambahan daya berapapun besar daya, akan mendapatkan biaya promo. Begitupula hal ini diberitahukan kepada masyarakat untuk pemasangan baru, atau penyambungan baru akan di kenakan biaya sebesar Rp. 890.000. dengan daya 900 watt.  Namun biaya instalasi rumah, itu di luar tanggung jawab PLN.


Kepala PLN mengatakan, " walaupun sorotan dan kritik dari Pemerintah Daerah kepada PT. PLN Persero Teminabuan sering kami  terima, namun kami  tetap bekerja, serta memberikan pelayanan  yang terbaik untuk masyarakat Sorong Selatan," tutupnya. 

 

×
Berita Terbaru Update