-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Masyarakat OAP Rasakan Dampak Positif Adanya Otsus di Papua

Selasa, 21 September 2021 | September 21, 2021 WIB Last Updated 2021-09-21T17:07:40Z

 

Teminabuan, Sorong Selatan  (kabar-nusantara.com) - Petrus Sawor, seorang tokoh  masyarakat, yaitu Sekertaris Kampung Manelek Distrik Konda  yang  juga menjabat sebagai Sekertaris Gemna, saat diwawancarai wartawan menyatakan,  dilihat dari kesejahteraan masyarakat di Papua pada umumnya. Bahwa Otsus jilid dua  pada saat ini, merupakan harapan orang asli papua (OAP) untuk  membangun.

 

Dia menambahkan, dengan Otsus jilid dua itu masyarakat akan dapat membangun infrastrutur daerah, membangun sumber daya manusia, perekonomian serta membangun Nilai-nilai Budaya yang saat ini kurang di perhatikan.


Menurut  Petrus sawor, saat di temui awak media. Secara teknis Otsus dapat dirasakan manfaatnya apabila penyaluran dana berjalan sesuai aturan otsus yang sebenarnya.  

”Kalau bisa dana otsus  ini  turun tidak boleh melalui mekanisme yang salah, harus langsung ke Kampung  ketangan masyarakat yang berhak,” kata Petrus Sawor.

 


Jadi Kesimpulannya dana Otsus jilid  2 harus ada pengawasan serta pengawalan dana ke wilayah Papua, hingga dana ini dapat di rasakan oleh  OAP.  “Pesan saya kalau bisa dana ini tidak harus melalui orang  yang tidak bertanggung jawab, mengingat  beberapa hal yang pernah terjadi pada  dana Otsus jilid satu yang lalu,” katanya.

 

Semenjak penetapan Otsus jilid 2 pada (15 Juli 2021) Pemerintah  Pusat menurunkan anggaran dana Otsus ke Papua yang bertujuan mensejahterakan  OAP. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan  serta yang menjadi persoalan crusial di Papua, yakni perlunya membangun sumber daya manusianya (SDM), pendidikan, kesehatan serta Infrastruk yang selama ini masih membutuhkan biaya, mengingat beberapa Daerah Otonomi baru akan hadir di daerah Papua Raya.

 


Petrus Sawor, berharap kepada Pemerintah, orang asli papua (OAP)  harus di prioritaskan dalam membangun berbagai hal,  dan juga dana otsus itu tidak harus melalui siapapun juga, jadi ya harus melalui mekanisme yang jelas dan benar agar dana tersebut dapat sampai kepada yang berhak dan bermanfaat bagi OAP.

 

Lebih jauh dia berharap,  pembangunan di daerah Papua Raya juga melalui mekanisme yang  benar agar tidak menjadi persoalan baru di tanah Papua, yang bisa meresahkan masyarakat, maka hal-hal yang menimbulkan kecurigaan perlu dihindari dengan adanya dana otsus ini. (Nazar Konjol) 



×
Berita Terbaru Update