-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

DPC APDESI Kabupaten Nisel Gelar Rapat Perdana Di Blessing Beach.

Jumat, 24 September 2021 | September 24, 2021 WIB Last Updated 2021-09-24T09:47:33Z

 


Nias Selatan (kabar-nusantara.com) -  Dewan pimpinan cabang asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia (Apdesi ) Kabupaten Nias Selatan gelar rapat perdana para kades. Kamis (23/09/2021).


Ketua DPC Apdesi Kab. Nisel Petrus Wau, Kepala Desa Bawofanayama Kecamatan Fanayama  memaparkan dalam pembahasan kepada rekan Kepala Desa se - Nias Selatan bahwa, "tujuan Apdesi ini adalah menyatukan persepsi para bapak ibu Kades di 35 Kecamatan dibumi Nias Selatan.



Namun, yang mengikuti rapat hari ini wakil dari tiap - tiap Kecamatan dimana ada 459 Desa. Yang medannya paling jauh ada 7 Kecamatan, berada di pulau sangat terpencil 86 Desa, yaitu Kepulauan batu. Dia berharap mendapat  dukungan dari masyarakat dan pemerintah. Agar rapat berdana yang digelar  di Blessing Beach kota Teluk ini berjalan lancar dan sukses.


Petrus Fau dalam sambutannya mengatakan, APDESI Nisel telah melakukan MoU dengan Kejari Nisel, Polres Nisel dan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dengan tujuan, agar rekan para Kepala Desa yang telah melakukan penyelewengan pada pelaksanaan Dana Desa.


APDESI hadir untuk meminimalisir supaya kerugian Negara dapat dikembalikan dan jika terjadi kesalahan administarasi maka dapat disempurnakan kembali tidak mesti barus merujuk ke jalur Hukum, perlu diingat itu bukan disuap, "9jadi APDESI adalah bukan membela yang salah tapi meminimalisir dibidang solusi," tutur  Petrus 


Pada rangkaian acara tersebut diberikan ruang diskusi dan dibagi beberapa termin, untuk termin pertama Lima orang, begitu seterusnya sampai termin ke tiga, masing-masing para Kepala Desa memberi pertanyaan dan masukan, pendapat dan masukan yang disampaikan, pengurus APDESI menerima dan menjawab setiap pertanyaan tersebut.


Sementara setelah selesai acara tersebut, Ketua APDESI Petrus Fau kepada beberapa awak media mengatakan, pertemuan hari ini menyatukan semua pikiran para Kepala Desa diwilayah Kabupaten Nias Selatan dalam membangun Desa dan mengakomodir pelaksanaan Dana Desa.


Selanjutnya kesepakatan yang kami harapkan pada pertemuan hari ini yakni, "hubungan emosional, hubungan sosial, hubungan kekerabatan dan hubungan kekeluargaan bahkan dalam program masing-masing Desa menjadi satu informasi, saling mengisi serta saling bahu membahu untuk membangun Desa diwilayah pemerintahan Desa masing-masing," tambajh Fau.


Dia menuturkan APDESI juga tidak terlepas, kami membutuhkan kehadiran Aparatur Penegak Hukum (APH) dan instansi lain untuk melakukan perampingan, masukkan, pendapat supaya terakomodir pelaksanaan Dana Desa dan menimalisir penyalah gunaanya. 


Pabtauan wartawan kegiatan tersebut  dari awal sampai selesai dapat terlaksana dengan baik dan mematuhi Prokes aman terkenali dan kondusif. (Satuhati D)

×
Berita Terbaru Update