-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kabar Gembira Bagi Masyarakat Pemilik Kebun Sawit, Harga TBS Rp 2.170/kg.

Minggu, 01 Agustus 2021 | Agustus 01, 2021 WIB Last Updated 2021-08-01T16:44:54Z


Mukomuko (kabar- nusantara.com) - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit sangat positif. Menembus angka tertinggi hingga Rp 2.170/kg. Kabar gembira bagi masyarakat yang memiliki kebun kelapa sawit. Dikutip dari laman rakyatbengkulu.com, Minggu (1/8/2021).


Kepala Seksi Perizinan, Kemitraan dan Budidaya Perkebunan Dinas Pertanian Mukomuko Sudianto mengatakan, "mestinya ini berdampak, pendapatan petani sawit di Kabupaten Mukomuko semakin membaik. Dikarenakan harga buah sawit yang dibeli sejumlah pabrik di daerah ini terus mengalami kenaikan,” kata Sudianto.


Dengan harga terbaru itu, kenaikan harga beli TBS di tingkat pabrik, rata-rata antara Rp 30 per kilogram sampai Rp 60 /kg. Harga tertinggi itu di PT. USM sebesar Rp 2.170/ Kg.


Sedangkan di pabrik crude palm oil (CPO) lainnya, PT. SAPTA Rp 2.000/kg, PT. KSM Rp 2.060/kg. PT. MMIL Rp 2.030/Kg, PT. SSS Rp 2.020/Kg, PT. SAP Rp 2.010/Kg. PT. KAS Rp 2.030/Kg, PT. DDP Rp 2.050/Kg, PT. BMK Rp 2.110/Kg dan PT. GSS sebesar Rp  2.090/Kg. "Dari harga-harga itu tertinggi di PT USM dan terendah di PT Sapta,” imbuhnya.


Naiknya harga TBS kelapa sawit tambah Sudi, dikarenakan sejumlah faktor. Diantaranya harga di pasaran naik, sehingga tidak ada antrean lama di pelabuhan. Kemudian di tingkat pabrik CPO, tidak ada penumpukan TBS kelapa sawit dalam jumlah besar. manfaatkan  harga buah sawit tinggi saat ini. "dan alangkah baiknya buah sawit di jual langsung  ke pabrik supaya mendapatkan hasil penjualan yang lebih tinggi,” sarannya.


Salah satu warga pemilik kebun kelapa sawit, Eri Yanto, ST mengatakan, walaupun menjual melalui toke, yang notabenenya harga lebih murah dibandingkan di pabrik, masih sangat menguntungkan. “Saya dan sejumlah petani lainnya, menjual ke toke. Harga yang diterima Rp 1.870/kg, atau ada selisih sekitar Rp 300/kg dari harga tertinggi saat ini,” katanya.


Ia berharap harga buah sawit yang dibeli ditingkat pabrik terus mengalami kenaikan. sehingga tingkat perekonomian masyarakat khususnya petani akan terus meningkat, ditambah lagi hingga saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19,” harap Eri. (hue/Sinema Laia)


sumber:https://rakyatbengkulu.com/ 

×
Berita Terbaru Update