-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Harga TBS Kelapa Sawit Mukomuko Sudah Menanjak Menuju Angka Rp 2.400

Senin, 30 Agustus 2021 | Agustus 30, 2021 WIB Last Updated 2021-08-29T21:26:35Z


Mukomuko (kabar-nusanta.com) - Harga sawit tandan buah segar (TBS) sudah mencapai harga Rp 2.400/kg ini betul-betul menjadi obat bagi perekonomian petani dalam masa pandemi Covid-19 ini. Dikutip dari laman rakyatbengkulu.com, Minggu (29/8/2021).


Harga TBS  terutama di Kabupaten Mukomuko. di belasan pabrik CPO terus bergerak menanjak, menuju angka Rp 2.400/kg. jika sempat naik terus, bukan tidak mungkin petani kelapa sawit di Mukomuko akan mencicipi harga sawit Rp 2.500/kg. karena terbaru, harga tertinggi TBS kelapa sawit sudah menembus Rp 2.320/kg.


Dan ini dinikmati masyarakat jika menjual TBS ke pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) PT. Usaha Sawit Mandiri (USM). berdasarkan data dari Dinas Pertanian Mukomuko, seluruh pabrik CPO yang menampung sawit masyarakat saat ini membeli sawit dengan harga di atas Rp 2.100/kg.


"Alhamdulillah harga sawit terus naik. Semua pabrik membeli sawit masyarakat di atas Rp 2.100/kg," ujar Kasi Kemitraan dan Perizinan Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian Mukomuko, Sudianto.


Dengan harga sawit di tingkat pabrik seperti itu, dapat dipastikan harga sawit di tingkat petani berkisar di atas Rp 2.000/kg. harga segitu, kata Sudiyanto, sudah terbilang tinggi jika dibandingkan harga sebelumnya. walaupun begitu kita berharap harga sawit terus naik. "Kalau bisa harga di tingkat petani Rp 2.300/kg keatas,” sebutnya.


Dengan harga sawit  tinggi saat ini, menurut Sudiyanto tentu berdampak baik bagi perekonomian masyarakat. efek menyeluruh kepada masyarakat di Kabupaten Mukomuko. “Istilahnya itu, kalau menurut orang ekonomi, daya beli masyarakat meningkat. Sehingga orang yang jual gorengan juga laku, yang jual baju juga laku. "Jadi bukan hanya petani sawit saja menikmati harga tinggi ini tetapi juga berdampak positif terhadap ekonomi secara menyeluruh,” jelasnya.


Rincian harga terbaru TBS di masing-masing (PMKS), di PT. Sapta Sentosa Jaya Abadi (Sapta) Rp 2.210/kg, PT. Karya Sawitindo Mas (KSM) Rp 2.230/kg, PT. Mukomuko Indah Lestari (MMIL) Rp 2.200/kg, PT. Surya Andalan Primatama (SAP) Rp 2.150/kg, PT. Karya Agro Sawitindo (KAS) Rp 2.200/kg, PT. Daria Dharma Pratama (DDP) PMKS Ipuh maupun PMKS Lubuk Bento Rp 2.220/kg, PT. USM Rp 2.320/kg, PT Bumi Mentari Karya (BMK) Rp 2.250/kg dan PT. Gajah Sakti Sawit (GSS) Rp 2.260/kg.


“Untuk PT. Sentosa Sejahtera Sejati (SSS), sedang perbaikan mesin. Harga TBS hari ini ada 3 pabrik yang naik, yaitu PT. GSS dan PT. KAS, masing-masing naik Rp 20/kg, dan PT. USM naik Rp 30/kg. Mudah-mudahan pabrik lain menyusul,” pungkasnya. (Sinema Laia)


sumber: https://rakyatbengkulu.com/

×
Berita Terbaru Update