-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ekonomi Tumbuh 7 Persen Sri Mulyani Sebut Semua Sektor Pulih

Kamis, 05 Agustus 2021 | Agustus 05, 2021 WIB Last Updated 2021-08-05T13:31:57Z


 Sri Mulyani saat tiba di Istana Kepresidenan, Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan

 

Jakarta (kabar-nusantara.com) - Pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2021 mencatatkan kinerja yang positif atau tumbuh 7,07 persen secara tahunan atau Year on Year (yoy). Adapun secara kuartalan, naik 3,31 persen. Dilansir dari laman www.kumparan.com, Kamis (5/8/21)

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, angka laju perekonomian kuartal II 2021 menunjukkan semua sektor mulai pulih. Salah sat u yang mendongkrak ekonomi nasional pada kuartal II ini terlihat dari belanja pemerintah yang tumbuh 8,06 persen pada kuartal II 2021 secara tahunan

“Sehingga pertumbuhan ekonomi hanya saat tergantung mesin pertumbuhan yaitu belanja pemerintah,” katanya saat konferensi pers virtual, Kamis (5/8).

 

Mantan Direktur Bank Dunia tersebut mengungkapkan, beberapa sektor lain seperti konsumsi dan investasi mengalami penurunan atau negatif pada tahun sebelumnya. Sementara itu, pada kuartal II 2021 sektor konsumsi kembali pulih ke 5,93 persen yoy, dan sektor investasi berada di level 7,5 persen.

 

“Jadi pemerintah menjadi satu-satunya faktor yang mencoba menarik perekonomian sendiri,” jelas Sri Mulyani.

 

Kendati demikian, sektor belanja pemerintah tak bisa secara optimal mendongkrak perekonomian nasional. Oleh karena itu pertumbuhan 7,07 persen kuartal II 2021 ini menggambarkan seluruh sektor telah mencerminkan pemulihan.

 

“Sehingga kuartal II cerita mengenai 7,07 menggambarkan seluruh mesin pertumbuhan sudah mulai pulih kembali,” ungkapnya.   (oleh kumparan)

 

Sumber: https://kumparan.com/kumparanbisnis/

×
Berita Terbaru Update