-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dosen FBS Unimed Beri Program Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SMP Bina Bersaudara

Senin, 09 Agustus 2021 | Agustus 09, 2021 WIB Last Updated 2021-08-09T15:49:09Z

Medan (kabar-nusantara.com) - Kegiatan pendampingan pembelajaran siswa melalui Kegiatan Service Learning dalam Kerangka Kampus Mengajar bagi siswa SMP di Bina Bersaudara Medan ini merupakan program kemitraan masyarakat (PKM) yang telah lulus pendanaan dari LPPM UNIMED sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. 


Latar belakang kegiatan ini, karena  banyaknya siswa yang tidak  bisa mengikuti pembelajaran daring karena keterbatasan ekonomi, dan tidak mampu memilki Laptop atau Hand Phone Android. Sehingga di pandang perlu di lakukan  kelas luring  yang secara bergelombang bergantian demi tercapainya tujuan pembelajaran dengan terus menegakkan protokol kesehatan. 


Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. Siti Aisah Ginting, M.Pd  beranggotakan Dr. Meisuri, M.A dan Syamsul Bahri, S.S, M. Hum.

Selaku ketua Dr. Siti Aisah Ginting, M.Pd menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan realisasi dari program Kampus Merdeka yaitu kegiatan kampus mengajar yang melibatkan 5 orang Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Unimed yaitu    Fauziah Tambak, Ahmad Fachrozy Batubara, Annisa Ramadhani, Betseba br Silalahi, Cheny Adella Simamora  yang telah lulus mata kuliah Micro Teaching, PKL dan juga telah mendapatkan Coaching dan Training for Trainee (TOT) dari tim Dosen. Tentu dari sini mereka telah banyak mendapatkan pengalaman mengajar di beberapa sekolah sebelumnya.


"Materi yang akan disampaikan dirangkum dalam bentuk silabus dan RPS, berdasarkan kurikulum sekolah yaitu kurikulum KKNI 2013 untuk siswa SMP kelas 8 dan pelaksanaan  kegiatan ini  berlangsung selama 16 pertemuan," ujar Ketua PKM Dr. Siti Aisah Ginting, M.Pd.


Tim Dosen mengarahkan ke lima mahasiswa tersebut untuk mendampingi guru bahasa Inggris SMP Bina Bersaudara dalam pembelajarannya, membangun kondisi kelas yang interaktif dan menggerakan siswa untuk berani bertanya, menyampaikan ide dan pendapat sehingga pembelajaran bahasa Inggris yang diberikan memilki suasana yang hidup dan menyenangkan serta mudah dimengerti dan diterima oleh siswa.


Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari Kepala Sekolah SMP Bina Bersaudara Medan, yaitu  Drs. Anhar, M.Si yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah, Irwansyah, S.Pd dan guru bahasa Inggris, Bardansah Harahap, S. Pd               .


Semoga dengan kegiatan yang di lakukan secara luring ini dapat membantu siswa yang kurang mampu dan juga dapat memberi hal-hal baru bagi guru dan siswa, sehingga dapat memperbaiki cara dan metode pembelajaran yang diberikan kepada siswa kita. 

"Kami berharap kegiatan ini akan terus kiranya dilakukan berkesinambungan dan rutin demi kecerdasan anak-anak dan pembangunan bangsa," ujar Kepala Sekolah SMP Bina Bersaudara Drs. Anhar, M. Si. (SB)

×
Berita Terbaru Update