-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Radius 4,5 Km Disertai Luncuran Awan Panas

Rabu, 28 Juli 2021 | Juli 28, 2021 WIB Last Updated 2021-07-28T10:33:46Z

Tanah Karo (KABAR NUSANTARA) - Gunung Api Sinabung kembali erupsi dengan radius 4,5 km tinggi abu berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Rabu 28/7/2021) Pukul 13:20 WIB.

Hal ini diutarakan Armen Putra dari PPGA Sinabung, bahwa tinggi kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan,"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 12 menit 22 detik.

Dia mengingatkan, saat ini Gunung Api Sinabung masih berada pada status Level III (Siaga) diikuti awan panas ke arah timur dan tenggara 1000 meter, dan berharap masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang sudah direlokasi.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik, dan mengamankan sarana air bersih serta tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar," jelasnya

Pantauan awak media dilapangan terlihat di seputaran kota Kabanjahe dan Berastagi berubah mendung saat Gunung Sinabung luncurkan erupsi, namun aktivitas warga tetap berjalan normal. (Pradipta Semb)

×
Berita Terbaru Update