-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Karang Taruna Desa Belang Turi Gelar Diklat Pimpinan Kaum Muda

Senin, 21 Juni 2021 | Juni 21, 2021 WIB Last Updated 2021-06-21T01:19:06Z

Manggarai (kabar-nusantara.com) - Karang Taruna Desa Belang Turi, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai menggelar latihan kepemimpinan tingkat dasar (LKTD) di kantor Desa Belang Turi.  

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Belang Turi, anggota beserta pengurus Karang Taruna. Kegiatan dimulai pukul 14.00 hingga pukul 21.00 wita, dibuka secara resmi oleh Kepala Desa, Sabtu (19/06/2021).

Kepala Desa Belang Turi, Elias Janggur dalam sambuntanya menyatakan rasa bangga sekaligus mengapresiasi semangat anggota karang taruna yang telah menginisiatif terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi semangat teman teman karang taruna yang telah menggagas kegiatan ini. Kegiatan ini sangat baik dan luar biasa, mengingat kaum muda adalah tongkat estafet bangsa. Oleh karenanya kaum muda perlu dibekali dan diberi pelatihan-pelatihan seperti ini,” paparnya.  

Dia berharap melalui pembentukan organisasi Karang Taruna yang digagas orang muda bisa menjadi wadah pengembangan diri dan menghasilkan calon-calon pemimpin di tingkat Desa maupun di tingkat Kabupaten.

“Saya berharap bisa menjadi wadah pengembangan diri bagi anggota agar menjadi pemimpin yang berkualitas, baik di Desa Belang Turi maupun di Kabupaten.” tambah Elias.

Selanjutnya Ketua Karang Taruna, Satri Ranu dalam sambutanya mengatakan kegiatan ini digelar sebagai upaya menumbuhkan jiwa kepemimpinan  dan semangat memajukan organisasi Karang Taruna  di Desa  Belang Turi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk persiapan, pembekalan dan pelatihan bagi orang muda dalam rangka mempersiapkan calon-calon  pemimpin yang kritis, populis, dan berintegritas,” tutur Satri.  

Lebih lanjut, Satri menegaskan keberadaan organisasi Karang Taruna Desa Belang Turi  sebagai wadah pengembangan diri sehingga dibutuhkan komitmen, kerja sama, dan kekompakan dalam membangun organisasi. 

“Karang Taruna adalah wadah yang dibentuk oleh orang muda Desa Belang Turi sebagai wadah untuk mengembangkan diri. Untuk itu semangat dan kreatifitas teman-teman harus dikembangkan. Kami berharap agar anggota Karang Taruna selalu bergandengan tangan dalam memajukan organisasi untuk membangun bangsa dan negara,” ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan, Gersi Bagung menjelaskan latar belakang dan tujuan kegiatan ini sebagai salah satu program kerja Biro Pendidikan dan Pelatihan sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi (AD/ART). 

“Kegiatan ini terselenggara sesuai AD/ART Karang Taruna dan merupakan program kerja Biro Pendidikan dan Pelatihan. Materi kegiatan ini adalah Manajemen Kepemimpinan yang disampaikan oleh Elias Janggur, Kepala Desa Belang Turi, Public Speaking dan Tehnik Melobi disampaikan oleh Paul Parimano Angkat, Manajemen Konflik oleh Heribertus Candara, Motivasi Berorganisasi oleh Almon Gaut, dan Surat Menyurat oleh Ven Darung,” tutur Dia.

Almon Gaut salah satu pembicara dalam paparan materinya menegaskan kembali semangat juan disaampaikan oleg pergerakan kaum muda 28 Oktober tahun 1928. “Kita sebagai kaum muda saat ini harus menjiwai spirit perjuangan kaum muda  28 Oktober 1928. Semangat sumpah pemuda mesti menjadi motivasi bagi generasi muda untuk setia pada proses yang ada dalam organisasi karang taruna. 

"Pemuda harus menjadi pelopor  dan berani mencetak sejarah.”  ungkap pria yang akrab disapa Almon.

Ia mengajak kaum muda Desa Belang Turi untuk mengidentifikasi setiap persoalan yang dihadapi oraganisasai agar memudahkan pembuatan program kerja yang bisa mengakomodir kebutuhan anggota demi kemajuan organisasi.

“Untuk mengembangkan organisasi Karang Taruna, anggota perlu mengidentifikasi persoalan-persoalan yang dihadapi, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang,” tambahnya. (Gregorius) 

×
Berita Terbaru Update