-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Paris Sembiring Bersama LSM LPRI Sumut Sosialisasikan Bank Eco Enzimy, Tanam Sejuta Pohon

Sabtu, 19 Juni 2021 | Juni 19, 2021 WIB Last Updated 2021-06-19T07:20:26Z

Tanah Karo ( KABAR NUSANTARA) - Pelatihan pembuatan Bank Echo Enzim (pupuk organik) dan gerakan tanam sejuta pohon di sosialisasikan peraih Piagam Kalpataru Paris Sembiring kepada masyarakat, tepatnya di Tongging Beach Hotel, Kecamatan Merek, Sabtu (19/6/2021)

Gagasan ini diperkenalkan Paris Sembiring kepada masyarakat agar nantinya dapat mengolah sampah menjadi pupuk organik, Eco Enzimy adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah, nenas , buah naga, jeruk, mangga, markisa, melon, pepaya dan  campuran sayuran, gula serta air, sehingga warnanya akan menjadi coklat gelap.

"Cara membuat Eco Enzimy dideskripsikan agar masyarakat dapat mengetahuinya, pelatihan ini dipaparkan secara terperinci, sehingga berfungsi  dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Tambahnya lagi, cairan multiguna ini akan meliputi rumah tangga, dan pertanian,"salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa sisa dapur menjadi berguna, menjadi pembersih rumah, maupun sebagai pupuk alami serta pestisida yang efektif," ungkapnya.

Disamping itu, Ketua DPD LSM LPRI Sumut Rusmadi Lubis, SH, Sos sebagai motor dari pelatihan menyebutkan, "kami mengapresiasi dengan kedatangan Bapak Paris Sembiring selaku peraih piagam kalpataru, kami akan melanjutkan dan mengembangkan program tersebut, serta melakukan penghijauan menanam sejuta pohon, seperti durian, alpokat dan mangga," tuturnya.

Turut hadir dalam acara pelatihan ini diantaranya, Kepala Desa Tongging Jhonson Simarmata, warga setempat, DPC Pemuda Batak Bersatu dan LSM LPRI Sumut.  (Pradipta Semb)

×
Berita Terbaru Update