-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dinsos Kampar Komitmen Tingkatkan SDM Pengelola Kesejahteraan Sosial

Jumat, 04 Juni 2021 | Juni 04, 2021 WIB Last Updated 2021-06-04T01:19:34Z

Padang (kabar-nusantara.com) - Dinas Sosial Kabupaten Kampar memiliki komitmen dalam upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan kesejahteraan sosial, Kepala Dinsos Kampar Drs. Muhammad M.Si bersama anggotanya mengunjungi Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) regional I Padang - Provinsi Sumatera Barat  dan disambut oleh Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Padang Benny Sujanto di ruang kerjanya Rabu lalu (2/6).

Drs. Muhammad didampingi Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Diklat & Kerjasama, Kasubag UP dan Perencana Ahli Madya, sejumlah pembahasan diperbincangkan guna meningkatnya SDM Kampar dalam mengelola kesejahteraan Sosial, Kamis (3/6).

Pembahasan dilanjutkan ekspose tentang tugas, fungsi dan jenis layanan yang di laksanakan oleh BBPPKS, salah satunya adalah penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kesejahteraan sosial bagi tenaga kesejahteraan sosial pemerintah (TSKP) dan  tenaga kesejahteraan sosial masyarakat (TSKM) di wilayah regional I Sumatra (Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu dan Sumsel).

Kepala Dinas Sosial Drs. Muhammad M.Si menyampaikan bahwa tujuan Pemkab Kampar datang ke BBPPKS Padang adalah untuk mensinergikan program dan kegiatan yang ada dengan silabus BBPPKS, dia juga menyampaikan beberapa usulan kepada Kepala BBPPKS dalam rangka penguatan SDM internal Dinas Sosial baik tenaga kesejahteraan sosial pemerintah (TKSP), khususnya ASN di lingkungan Dinas Sosial. 

Dia ingin dilaksanakan peningkatan kapasitas ASN Dinsos Kampar, baik pejabat struktural maupun fungsional umum melalui diklat/seminar, semi lokakarya dll, sehingga ada tambahan pengetahuan baru seluruh jajaran Dinsos Kampar untuk mendukung program pembangunan kesejahteraan sosial serta dapat mensinergikan dengan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial RI. 

"Semoga dalam waktu dekat, kegiatan diklat dapat kita laksanakan di Bangkinang dengan menghadirkan para pembimbing dan narasumber serta Widya Iswara dari BPPKS Regional Sumatera," ungkap Muhammad. 

Dengan adanya pendidikan dan pelatihan kesejahteraan sosial bagi tenaga kesejahteraan sosial diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.  Pendidikan dan pelatihan kesejahteraan sosial bagi tenaga kesejahteraan sosial pemerintah (TSKP) saat ini sedang berlangsung bagi tenaga pendamping PKH.

Sebanyak 1000 orang di bagi kedalam beberapa kelas, namun kegiatan ini tidak dilaksanakan secara klasikal (asrama) semenjak pandemi berlangsung, kebijakan pemerintah untuk dilaksanakan secara daring (dalam jaringan), sehingga sangat memungkinkan penambahan target jumlah peserta dari berbagai daerah se-Sumatera.

BPPPKS Regional I Sumatera memiliki dua kampus, yang pertama di Ulak Karang seluas 2.832 M2 dengan kapasitas asrama untuk 60 orang, kamar VIP, ruang kelas, ruang diskusi, perpustakaan, ruang makan, lapangan olahraga dan mushollah, sedangkan kampus ke dua Jl. Alai Kapalo Koto No. 27 Pauh seluas 9.733 M2.

Terdiri dari gedung kantor, asrama berkapasitas 150 orang, aula serbaguna, ruang kelas, diskusi dan perpustakaan, laboratorium, media praktek pekerja sosial, lapangan olahraga, mushollah dan tersedia juga kamar VIP. (RlsDinSosKPR/DiskominfoKampar).  (Optatus zalukhu)


×
Berita Terbaru Update