-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati Yance Sunur, Penjabat Kades Jangan Jadi Pemicu Konflik Di Desa

Kamis, 10 Juni 2021 | Juni 10, 2021 WIB Last Updated 2021-06-09T23:37:37Z

Lembata, NTT (kabar-nusantara.com) - Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, ST mengambil sumpah/janji dan melantik tujuh orang Penjabat Kepala Desa Se-Kecamatan Ile Ape, di Desa Kolipadan, pada Rabu (09/06/2021).

Acara Pelantikan berlangsung di Lopo Pojok Gizi TP. PKK Kolipadan dimulai dengan Laporan Camat Ile Ape, Simon Emy Langoday. Dalam laporannya, Simon mengatakan, pelaksanaan kegiatan di Desa sudah berjalan sesuai dengan RPJMDes Kabupaten Lembata, disamping itu upaya pembinaan oleh TP. PKK Kabupaten melalui TP. PKK Desa mencapai hasil bagus, yakni salah satu TP. PKK Desa di Kecamatan Ile Ape telah menjadi TP. PPK terbaik se-Propinsi Nusa Tenggara Timur. 

Simon berharap, bahwa pelantikan Penjabat Kepala Desa hari ini juga dapat berkontribusi dan mendukung kegiatan Liga III (Eltari Memorial CUP) yang akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang. Adapun para Penjabat Kepala Desa yang dilantik masing-masing sebagai berikut: 

Ibrahim Keder sebagai Penjabat Kepala Desa Kolipadan; Lambertus Lango sebagai Penjabat Kepala Desa Kolontobo; Sunar Suban Langobelen sebagai Penjabat Kepala Desa Beutaran; Muhammad Hasan sebagai Penjabat Kepala Desa Napasabok; Kornelis Kewaman sebagai Penjabat Kepala Desa Riang Bao; Yusuf Lia sebagai Penjabat Kepala Desa Palilolon; dan Arifin Labi sebagai Penjabat Kepala Desa Dulitukan,

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur dalam arahannya bahwa, ada enam hal pokok yang perlu mendapat perhatian dari seluruh Penjabat Kepala Desa yang baru dilantik

Pertama, para Penjabat Kepala Desa yang telah mengambil sumpah tetap melanjutkan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dalam APBDes Tahun Anggaran 2021.

Kedua, pelaksanaan prokes dalam rangka pencegahan penyebarluasan covid-19 tetap menjadi prioritas utama.

Ketiga, akibat bencana banjir bandang, sehingga ada 700 rumah yang di relokasi ke wilayah Tanjung. Diharapkan agar saling koordinasi agar tidak terjadi ketersinggungan yang dapat menimbulkan tindakan-tindakan yang tidak kita inginkan.

Keempat, bahwa bulan Agustus yang akan datang merupakan Kick OFF Liga III, para Penjabat agar mampu mengembangkan usaha ekonomi guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kelima, proses pelantikan Penjabat Kepala Desa di beberapa kecamatan, disebabkan beberapa Kepala Desa telah berakhir masa jabatannya dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, tidak dapat diperpanjang. Oleh karena itu dalam rangka memastikan penyelenggaraan pemerintahan di desa, maka perlu dilantik Penjabat Kepala Desa yang akan melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa serta melaksanakan seluruh tahapan untuk pemilihan Kepala Desa defenitif.

Memastikan proses pemilihan Kepala Desa definitif mendatang, yang dimulai dari proses penjaringan, sampai pada proses pemilihan Kepala Desa definitif, harus berjalan dengan aman, tertib, lancar dan demokratis, Penjabat Kades jangan menjadi pemicu konflik di Desa, harapnya.

Bupati Lembata dan rombongan hadir disambut tarian Soka Milinial oleh anak - anak sanggar PKK Desa model Kolipadan. 

Dalam pantauan media, hadir dalam acara pelantikan, para Kepala Dinas, Kapospol Ile Ape, tokoh masyarakat, tokoh adat dari ketujuh Desa tersebut. (Jr)

×
Berita Terbaru Update