-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tips Berkebun Organik Untuk Menjaga Kelangsungan Ekosistem

Kamis, 27 Mei 2021 | Mei 27, 2021 WIB Last Updated 2021-05-28T04:02:18Z

Grobogan (kabar-nusantara.com) - Tips berkebun organik mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal banyak manfaat yang akan diperoleh.

Seperti turut serta menjaga lingkungan ekosistem dengan tidak menggunakan pestisida. Sehingga tanaman yang dihasilkan pun lebih sehat.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan melakukan seluruh aktivitas di rumah. Lahan yang luas di sekitar pekarangan rumah dapat anda manfaatkan untuk berkebun.

Anda juga tidak perlu khawatir meskipun hanya memiliki lahan yang kecil. Karena lahan tersebut masih bisa digunakan untuk berkebun. Asalkan ada kemauan dan niat dari anda untuk memulai berkebun.

Selain itu, hasil dari berkebun organik ini juga dapat anda rasakan sendiri manfaatnya. Seperti mengkonsumsi tanaman berkebun ini secara aman dan sehat.

Karena tanaman tersebut tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk berkebun secara organik di rumah.

Inilah Tips Berkebun Organik yang Bisa Anda Coba

Ternyata untuk berkebun secara organik bukanlah hal yang sulit. Hanya melalui beberapa tahapan saja, anda sudah bisa menikmati hasilnya.

Menyiapkan Tanah yang Gembur dan Subur

Tentunya tanah ini merupakan komponen utama yang digunakan untuk menanam tanaman. Bahkan bisa menjadi faktor penentu tanaman tersebut akan tumbuh subur atau tidak.

Oleh sebab itu, cara memproses tanah yang sehat bagi tanaman merupakan step penting. Anda bisa memulai menambahkan pupuk kompos maupun pupuk kandang ke dalam tanah tersebut.

Selanjutnya tinggal menunggu beberapa saat. Hingga tanah tersebut mendapatkan nutrisi dari pupuk yang diberikan.

Namun anda harus menggunakan pupuk yang berbahan dasar alami. Jangan gunakan pupuk sintetis dan lain-lain.

Membuat Penghalau Hama Tanaman

Tips berkebun organik selanjutnya yaitu membuat penghalau hama tanaman. Tentunya jauh berbeda dengan tanaman pada umumnya yang menggunakan pestisida.

Tanaman organik tidak akan menggunakan zat-zat tersebut untuk menghalau hama-hama yang menyerang. Akan tetapi, anda perlu membuat jaring atau pagar. Agar hama tersebut tidak dapat mengganggu tanaman anda.

Partisipasi Dalam Kelangsungan Ekosistem

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua jenis hewan menjadi hama bagi tanaman. Salah satu jenis hewan yang membantu tanaman untuk penyerbukan yaitu kupu-kupu.

Anda bisa berpartisipasi dalam kelangsungan ekosistem ini dengan menciptakan lingkungan ekosistem sendiri. Sehingga tanaman maupun hewan-hewan ini dapat berkembang biak dengan sendirinya.

Untuk menciptakan ekosistem tersebut, bisa anda mulai dengan menanam tanaman-tanaman indah. Seperti bunga matahari, bunga tulip, bunga daisy, dan lain-lain.

Melakukan Pergantian Tanaman

Agar nutrisi dalam tanah senantiasa terjaga dan mengurangi banyak penyakit tanaman berkembang biak, anda bisa rutin melakukan pergantian tanaman.

Selain memiliki tujuan tersebut, tips berkebun organik ini juga baik bagi diri anda. Karena anda akan merasa tidak bosan dan senang dengan tantangan menanam tanaman-tanaman baru.

Menjaga Tanaman Agar Tetap Bersih dan Sehat

Anda perlu menjaga tanaman tersebut agar tetap bersih. Apabila tanaman anda terserang penyakit, anda harus sigap untuk merawat bagian lainnya. Agar tidak turut serta terkena penyakit, bahkan hingga mati.

Rajin Menyirami Tanaman

Tips berkebun organik selanjutnya yaitu anda harus rajin menyirami tanaman. Agar tanaman tersebut dapat berkembang dengan baik dan tidak layu. (As)

 

Keyword : tips berkebun organik 
Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210520160459-277-644847/6-tips-berkebun-organik-jaga-ekosistem-dan-menyehatkan

×
Berita Terbaru Update