-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati Munjidah Panen Raya di Banjarsari, sekaligus Lounching Desa Berdaya

Kamis, 06 Mei 2021 | Mei 06, 2021 WIB Last Updated 2021-05-05T21:32:37Z
 

Jombang (Kabar-nusantara.com) - Bupati Jombang Hj. Munjidah Wahab bersama Forum Pimpinan Kecamatan Bandarkedungmulyo serta anggota DPRD Kabupaten Jombang melaksanakan panen raya padi organik sekaligus lounching Desa berdaya serta pengenalan produksi pupuk organik Mikoriza, bertempat di Desa Banjarsari, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Rabo (5/5/2021) 

Pemerintah Desa Banjarsari sebelumnya telah bekerjasama dengan Universitas Wahab Hasbulloh untuk bersama-sama  melaksanakan penelitian tentang pupuk organik yang selanjutnya diterapkan pada lahan persawahan petani di Desa Banjarsari dan hasilnya pada panen bulan Dsember 2020 terbukti lebih baik, sehingga penghasilan petani bisa meningkat.

“Padi dengan pupuk organik hasil penelitian kampus UNWAHA bersama Pemerintah Desa Banjarsari di klaim bisa menghasilkan butir padi lebih banyak, batang tidak keropos, dan meningkatkan panen sebesar 7% atau setara dengan 7 juta rupiah per hektar, “ ungkap Basarudin Kepala Desa Banjarsari di sela-sela acara.

Menurut Basarudin, penggunaan pupuk organik dianggap bisa mengembalikan kesuburan tanah, menyediakan sumber hara dan meningkatkan daya tahan terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga bisa menghasilkan beras yang sehat, tanpa terkontaminasi zat kimia.

Lebih lanjut  Kepala Desa juga mengungkapkan bahwa dengan Petani makmur, maka negara akan kuat, tidak ada ketergantungan lagi dengan beras impor. 

Menurut Wakil Rektor Universitas Wahab Hasbulloh yang turut hadir dalam panen raya,  mengatakan bahwa dalam program ini gapoktan Banjarsari bekerjasama dengan fakultas pertanian Universitas KH. A. Wahab Hasbulloh saling bersinergi mampu menghasilkan panen raya yang membanggakan. Petani tidak perlu lagi bergantung dengan pupuk kimia subsidi, tapi bisa memproduksi sendiri dari bahan-bahan yang melimpah di masyarakat.

“Alhmadulillah 23 Romadlon 1442H bertepatan dengan tanggal 5 Mei 2021 di Desa Banjarsari telah dilakukan panen raya padi sehat (beras organik) yang merupakan hasil kerjasama antara Gapoktan desa Banjarsari dengan UNWAHA,” ujar Mohammad Fatchulloh pada akun Facebooknya. 

Acara ditutup dengan pembagian santunan kepada anak yatim di desa Bajarsari. (UDN)

×
Berita Terbaru Update