-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kasus Pembobolan Bank Rp. 1,2 T, Maria Lumowa Divonis 18 Taun Penjara

Selasa, 25 Mei 2021 | Mei 25, 2021 WIB Last Updated 2021-05-28T03:57:19Z

Jakarta (kabar-nusantara.com) - Kasus pembobolan Bank Rp 1,2 T, Maria Lumowa akhirnya memperoleh vonis 18 tahun penjara. Kemudian, juga denda sebesar Rp 800 juta subsider 4 bulan kurungan. Dalam kasus ini, Maria dinyatakan hakim telah terbukti melakukan tindak korupsi serta tindak pidana pencucian uang atas kasus pembobolan Bank BNI. Kasus ini merugikan negara hingga Rp 1,2 triliun rupiah.

Selain vonis 18 tahun penjara serta denda sebesar Rp 800 juta, hakim pun telah menjatuhkan hukuman, yakni uang pengganti Rp 185 miliar. Apabila Maria tidak mengganti, maka ia akan masuk kurungan 7 tahun penjara.

Dalam putusannya, hakim juga mempetimbangkan hal-hal yang memberatkan serta meringankan. Hal yang meringankan, Maria dinilai cukup sopan serta belum pernah dihukum.

Selain itu, aset PT Sagared Team dan juga PT Gramindo Group telah disita oleh negara. Sedangkan mengenai hal yang memberatkan, Maria dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam hal memberantas korupsi. Terdakwa juga sempat menghindar dari kasus serta menjadi DPO.

Kasus yang Menimpa Maria Pauline Lumowa

Maria dalam kasus ini merupakan pemilik atau key person disebut juga sebagai pengendali PT Sagared Team dan juga Gramindo Group. Hakim menyatakan bahwa Maria Lumowa terbukti telah melakukan perbuatan memperkaya diri dan orang lain atas pencarian LC dengan dokumen yang fiktif.

Dengan demikian, Maria memenuhi dua unsur yakni memperkaya diri dan orang lain serta merugikan keuangan negara. Hakim juga menyatakan bahwa Maria terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Hakim mengatakan bahwa Maria meletakkan uang hasil korupsi pada dua perusahaannya bernama PT Aditya Putra Pratama Finance serta PT Infinity Finance. Selain itu, hakim pun menyebut jika Maria menyimpan uang sebesar Rp 1,2 triliun hasil korupsi tersebut ada dua perusahaan.

Merespon putusan hakim pada kasus pembobolan Bank Rp 1,2 T, Maria pun mengatakan untuk pikir-pikir. Dia akan memikirkan apakah akan mengajukan banding atau tidak. Dalam hal ini, hakim memberikan waktu 7 hari kepada Maria untuk masa pikir-pikir. Namun jika sampai pada 7 hari tersebut dirinya tidak ada sikap, maka Maria dinyatakan telah terima atas keputusan tersebut. (As)

 

Keyword : Kasus pembobolan Bank Rp 1,2 T

Sumber Link: https://news.detik.com/berita/d-5581210/kasus-pembobolan-bank-rp-12-t-maria-lumowa-divonis-18-tahun-bui?

 

×
Berita Terbaru Update