-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gubernur Sumsel Lantik HNU, Pj. Bupati Muara Enim

Rabu, 12 Mei 2021 | Mei 12, 2021 WIB Last Updated 2021-05-12T02:48:11Z

Muara Enim (kabar-nusantara.com) - Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru atas nama Presiden Republik Indonesia, resmi melantik dan mengambil sumpah Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan yang juga Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Muara Enim, sebagai Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim, bertempat di Griya Agung Sumatera Selatan, Kota Palembang, Selasa (11/5/21)

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 131 16 1127 tanggal 6 Mei 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Selama melaksanakan tugas sebagai Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar (HNU) sementara melepaskan jabatannya sebagai Sekda Provinsi Sumatera Selatan dan akan fokus sebagai Kepala Daerah di Kabupaten Muara Enim.

Gubernur Sumsel menjelaskan bahwa pengangkatan HNU sebagai Pj. Bupati Muara Enim merupakan diskresi atau keputusan yang diambil dan ditetapkan oleh pejabat pemerintahan, dalam hal ini Mendagri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. 

Dalam ketentuannya, Mendagri dapat mengambil keputusan dan tindakan untuk mengatasi permasalahan di Kabupaten Muara Enim sehubungan dengan kondisi kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sehingga menciptakan tertib penyelenggaraan administrasi pemerintahan, memberikan kepastian hukum, mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dan menjamin akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah.

Dengan demikian, pengangkatan Pj. Bupati ini menurut Gubernur akan memberi keleluasaan bagi pejabat yang dilantik untuk mengambil kebijakan dan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan cita-cita pembangunan di Bumi Serasan Sekundang.

Sementara itu Pj. Bupati yang dilantik HNU memohon doa dan dukungan semua pihak agar dirinya mampu bekerja dengan baik, menjalankan tugas dan amanah secara profesional demi akselerasi pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat. 

Dalam kesempatan ini dilaksanakan juga pengangkatan Hj. Renny Devi Nasrun Umar sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim, yang ditandai dengan penyematan pin PKK oleh Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Selatan, Ny. Febrita Lustia Herman Deru.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sumatera Selatan maupun Kabupaten Muara Enim dan turut disaksikan secara virtual oleh masing-masing perangkat daerah dan camat di Kabupaten Muara Enim. 

Menurut pantauan awak media  pelantikan ini telah memperhatikan protokol kesehatan covid-19. (MA)

×
Berita Terbaru Update