-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Paripurna DPRD Labuhanbatu Golkar Walk Out, Jismer: Jadwal Paripurna Sesuai Tahapan

Kamis, 06 Mei 2021 | Mei 06, 2021 WIB Last Updated 2021-05-05T22:11:45Z

Sumatra Utara (kabar-nusantara.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Labuhanbatu gelar rapat paripurna dengan agenda rapat tunggal yaitu, Pengumuman Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu terpilih dr. Erik Adtrada Ritonga - Hj. Ellya Rosa Siregar, di Gedung Paripurna DPRD, Jl. Sisingamangaraja, Rabu (05/05/2021).

Diawal rapat Paripurna sempat diwarnai interupsi dari ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) DPRD Labuhanbatu Hariyanto Ritonga yang meminta agar rapat paripurna ditunda, mengingat masih ada proses di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Rapat paripurna ini sudah sesuai dengan tahapan dari KPU, artinya DPRD Labuhanbatu sudah menjalankan tugasnya sesuai regulasi yang ada,” jawab Karim sebagai pimpinan sidang.

Merasa tidak puas dengan jawaban pimpinan sidang, fraksi partai Golkar secara bersama-sama mengambil sikap Walk Out dari dalam rapat paripurna.

Hariyanto Ritonga menjelaskan, sikap yang diambil fraksi partai Golkar dalam rapat paripurna tersebut untuk menghormati proses hukum di MK yang masih berlangsung.

"Yang kita inginkan itu, surat yang masuk ke DPRD dari KPU, kalau bisa dibatalkan dulu, ditunda dulu paripurna, dikoordinasikan dulu kepada pihak-pihak yang berkompoten, apakah MK, Mendagri, Menhumkam, supaya apa? Jangan nanti umpamanya yang dari sana (KPUD) bermasalah, lembaga DPRD ini jadi ikut-ikutan bermasalah," kata Hariyanto.

Masih dengan Hariyanto, pentingnya meminta pencerahan dari pihak berkompoten, agar lembaga DPRD tidak bermasalah.

"Kita tidak pernah menghalang-halangi paripurna ini, tidak. Kita cari dulu dasar (dari pihak berkompeten) jika paripurna ini tidak menyalahi aturan, akibat kesalahan KPU (jangan) ikut-ikutan kita terseret-seret (bermasalah) itu maksudnya, Iya, Walk Out merupakan sikap resmi partai Golkar," pungkasnya.

Menanggapi sikap fraksi Partai Golkar hingga Walk Out, anggota fraksi Partai PDI Perjuangan DPRD Labuhanbatu Jismer Lumbanbatu merasa jika tahapan yang dilakukan KPUD  sudah sesuai aturan

"Kita menghargai sikap Walk Out kawan-kawan dari fraksi Partai Golkar pada rapat paripurna tadi, hanya menurut hemat saya rapat paripurna hari ini sudah sesuai dengan aturan dan  tahapan-tahapan yang ada," ujarnya.

Ditambahkan Jismer, bahwa tahapan yang ada sesuai pembahasan bersama dalam rapat Badan Musyawarah (BANMUS) DPRD Labuhanbatu.

"Berdasarkan hasil keputusan rapat banmus DPRD Labuhanbatu 13 April lalu, atau sebelum pilkada diadakan, jadwal atau tahapan ini sudah dibahas," kata Jismer sambil menunjukkan sebuah undangan yang menjelaskan jadwal tahapan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Masih dengan Jismer Lumbanbatu, anggota DPRD dari dapil Kecamatan Panai Tengah - Panai Hilir ini menjelaskan, siapapun yang menjadi Bupati dan Wakil Bupati tetap saja rapat paripurna harus dilaksanakan sesuai jadwal.

"Jadi siapa saja yang menjadi pemenangnya atau Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu terpilih, tetap penjadwalan itu (paripurna) harus diadakan, itu juga sesuai dengan amanat dari UU Nomor 8 Tahun 2015 Pasal 160, kita wajib menindaklanjuti maksimal 5 hari setelah menerima penetapan KPU," terang Jismer, menutup pernyataannya.

Sebelumnya KPUD Labuhanbatu dalam rapat pleno terbuka telah menetapkan pasangan nomor urut 02 dr. Erik Adtrada Ritonga - Hj. Ellya Rosa Siregar (ERA) sebaggai pemenang Pilkada Labuhanbatu, sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Untuk diketahui pasangan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, diusung oleh gabungan atau koalisi partai PDI Perjuangan, Hanura, Nasdem dan PKB.   (JB Gultom).

×
Berita Terbaru Update