-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Enam Pencakar Langit Jakarta Selesai Taun 2021, Meski Masa Pandemi

Kamis, 27 Mei 2021 | Mei 27, 2021 WIB Last Updated 2021-05-28T04:01:39Z


Jakarta (kabar-nusantara.com) - Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap semua sektor, terutama pada konstruksi pencakar langit. Beberapa proyek yang sedianya selesai dibangun pada 2020 terpaksa harus mengalami penundaan jadwal penyelesaian.

Hal ini dikarenakan adanya aturan pembatasan selama pandemi. Namun hal ini seolah tidak berlaku pada beberapa proyek pada tahun 2021. Terdapat enam pencakar langit Jakarta selesai tahun 2021 ini.  

Daftar Enam Pencakar Langit Jakarta Selesai Tahun 2021

Dalam tulisan Council on Tall Bulidings and Urban Habitat, ada tujuh proyek bangunan tinggi dengan jadwal tuntas konstruksinya pada tahun ini.

Bahkan enam diantaranya masuk dalam kategori pencakar langit yang mempunyai ketinggian lebih dari 150 meter. Lalu satu pencakar langitnya yang masuk dalam kategori supertall alias mengangkasa sekitar 300 meter lebih.

Enam bangunan pencakar langit yang tuntas di 2021 antara lain:

Equinox Tower at Menara Jakarta Kemayoran

Atau Menara Jakarta Tower E yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Group. Secara arsitektural, gedung yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat ini dibuat setinggi 254 meter dan sudah mencapai tahapan tutup atap.

Jakarta Office Tower

Nama lainnya adalah Mori Building. Gedung ini terdiri dari 59 lantai dengan ketinggian 266 meter, secara struktural, gedung pencakar langit satu ini telah mencapai tahapan tutup atap. Perancang dari Jakarta Office Tower adalah Kohn Pederson Fox Associate.

Luminary Tower at Thamrin Nine

Saat ini, Luminary Tower dirancang setinggi 275 serta mencakup 62 lantai. Gedung ini masih dalam tahap konstruski atau under cosntruction. Perancang bangunan pencakar langit ini adalah PT Putragay Wahana bersama Autograph Tower dalam kompleks pengembangan Thamrin Nine, Jakarta Pusat.

Autograph Tower at Thamrin Nin

Gedung ini merupakan pencakar langit yang digadang-gadang dapat mengalahkan Gama Tower yang mengangkasa hingga 286 meter. Bangunan milik PT Putragaya Wahana ini didesain setinggi 383 meter yang mencakup hingga 75 lantai. Secara struktural, menara ini sudah mencapai tahap tutup atap yang diperuntukkan hotel serta perkantoran.

Azure Tower at Menara Jakarta Kemayoran

Menara ini dibangun beriringan dengan Equinox Tower, maka disematkanlah nama lain yakni Menara Jakarta Tower A. Agung Sedayu Group merancang menara ini dalam ketinggian sampai 288 meter yang terdiri dari 77 lantai.

The St Regis Jakarta Hotel and Residences

Bangunan terakhir dari daftar enam pencakar langit Jakarta selesai tahun 2021 adalah The St Regis Jakarta Hotel and Residences. Bangunan ini memiliki tinggi 244 meter dan tahap tutup atap pada 17 Agustus 2020 lalu. Saat ini telah mencapai proses penyelesaian tahap akhir. (As)



Keyword : Enam Pencakar Langit Jakarta Selesai Tahun 2021
Sumber Link: https://www.kompas.com/properti/read/2021/05/26/090000121/meski-pandemi-enam-pencakar-langit-jakarta-selesai-tahun-ini?page=2

×
Berita Terbaru Update