-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Hitung Detak Jantung Tanpa Alat Ternyata Mudah

Rabu, 26 Mei 2021 | Mei 26, 2021 WIB Last Updated 2021-05-28T03:54:37Z

Jakarta (kabar-nusantara.com) - Cara hitung detak jantung tanpa alat ternyata cukup mudah dilakukan. Biasanya kebanyakan orang menggunakan smartwatch atau jam tangan pintar. Dalam smartwatch ini biasanya dilengkapi fitur-fitur pintas seperti menunjang olahraga. Salah satunya untuk mengetahui detak jantung.

Ternyata fitur tersebut berfungsi dengan menggunakan sensor khusus pada jam. Sehingga anda dapat mengetahui denyut jantung dengan mudah. Akan tetapi bagi anda yang tidak memiliki smartwatch tidak perlu khawatir. Pasalnya anda bisa mengikuti dan melakukan cara-cara berikut ini dengan mudah.

Cara Hitung Detak Jantung Tanpa Alat dengan Mudah

Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah bahkan tanpa menggunakan alat apapun. Menghitung Detak Jantung Secara Manual. Hal ini termasuk cara hitung detak jantung tanpa alat yang bisa anda lakukan kapanpun dan dimanapun.

·         Letakkan tangan anda dengan posisi menghadap ke arah atas.

·         Sentuh bagian pergelangan tangan dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah.

·         Selanjutnya anda bisa memberi sedikit tekanan hingga merasakan denyut nadi.

·         Langkah terakhir anda bisa menghitung denyut nadi tersebut selama 10 detik. Lalu mengalikan hasilnya dengan angka 6. Hal tersebut bertujuan agar anda memperoleh denyut nadi selama kurun waktu per menit.

Dengan melakukan berbagai step atau tahapan seperti diatas anda dapat mengetahui detak jantung anda. Bahkan tanpa bantuan alat lain seperti smartwatch. Oleh sebab itu tunggu apa lagi? Segera coba dan hitung detak jantung tanpa alat.

Menghitung Detak Jantung Berdasar Umur.  Selain melakukannya secara manual anda juga bisa menghitung detak jantung dengan memasukkan kategori umur sebagai berikut.

·         Umur 20 tahun memiliki detak jantung antara 100 hingga 170 bpm. Namun memiliki batas keseluruhan yaitu 200 bpm.

·         Umur 30 tahun memiliki detak jantung antara 95 hingga 162 bpm. Akan tetapi juga memiliki batas keseluruhan yaitu 190 bpm.

·         Selanjutnya, umur 35 tahun memiliki detak jantung antara 93 hingga 157 bpm. Memiliki batas keseluruhan yang menginjak angka 185 bpm.

·         Umur 40 tahun memiliki detak jantung antara 90 hingga 153 bpm. Selain itu juga memiliki batas keseluruhan yang menunjukkan angka 180 bpm.

·         Umur 45 tahun memiliki detak jantung antara 88 hingga 149 bpm. Sebenarnya manusia dengan rentang umur tersebut masih memiliki batas keseluruhan yaitu 175 bpm.

·         Kemudian, umur 50 tahun memiliki detak jantung antara 85 hingga 145 bpm. Ternyata terdapat batas keseluruhan dari umur tersebut yaitu 170 bpm.

·         Umur 60 tahun memiliki detak jantung antara 80 hingga 136 bpm. Namun masih terdapat batas keseluruhan yaitu 160 bpm.

Sedangkan ketika berolahraga umumnya manusia memiliki detak jantung yang terbagi menjadi dua intensitas. Intensitas yang pertama yaitu sedang memiliki detak jantung 50 hingga 70 persen dari kemampuan detak jantung keseluruhan.  Sedangkan intensitas kedua yaitu berat memiliki detak jantung 70 hingga 85 persen dari kemampuan detak jantung keseluruhan.

Ternyata hitung detak jantung tanpa alat merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan setiap orang. Bahkan dapat melakukannya dimanapun anda berada dan kapanpun juga. Jaga selalu kesehatan jantung anda dengan rutin berolahraga, serta makan makanan yang sehat dan bergizi.  (As)


Keyword : hitung detak jantung tanpa alat

Link : https://health.detik.com/kebugaran/d-5581414/nggak-punya-smartwatch-ini-cara-hitung-heart-rate-tanpa-alat

 

×
Berita Terbaru Update