-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

BAZNAS RI Gelar Webinar Riset Bertema Pemberdayaan Masyarakat

Rabu, 28 April 2021 | April 28, 2021 WIB Last Updated 2021-04-28T11:25:27Z


Muara Enim (Kabar-nusantara.com) - Lembaga Beasiswa BAZNAS gelar kegiatan pemaparan hasil beasiswa riset dengan tema pemberdayaan masyarakat. Acara ini digelar lewat webinar bersama empat narasumber yang merupakan peserta beasiswa riset BAZNAS. Ini merupakan beasiswa yang diberikan untuk membiayai tugas akhir/ penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan pengembangan dan pendayagunaan zakat. Acara diikuti  peserta dari berbagai  daerah IndonesiaIndonesia (28/4/21) 

Pemapar pertama adalah Riko Afrimaigus, dengan riset 'Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Tanah Datar Melalui Program Zakat Community Development (ZCD) Prespektif Teori Had Kifayah.'

Dilanjutkan  Risa Sari Pertiwi, dengan tesisnya 'Program Pemberdayaan Mustahik Pemuda dan Pengaruhnya Terhadap Kesejahteraan.'  

Wisnu Rahdiansyah Nst memaparkan hasil risetnya dengan judul 'BAZNAS Provinsi Sumatera Utara dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Dana Zakat (Studi Kasus Di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumut)' Wisnu memaparkan "Adanya permodalan, pemasaran dan juga sistem mentoring sangat penting dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat," papar Wisnu. 

Peserta terakhir Miftahul Achyar, memaparkan 'Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Zakat di Saung Ilmu Desa Pelakat Kabupaten Muara Enim.

Miftahul menyampaikan,  "Pendampingan menjadi salah satu kunci  penting untuk pemberdayaan masyarakat," paparnya. 

Materi  diulas oleh  Fahmi Ali dan Aisha Putrina Sari dari Tim Pusat Kajian Strategis BAZNAS. "Penelitian yang dilakukan Wisnu dan Riko sangat bagus untuk diimplementasikan kepada beberapa lembaga zakat. Temuan dan catatan penting sangat bagus nantinya untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Direkomendasikan penelitian ini bisa lanjut hingga publikasi internasional," kata Fahmi Ali.

"Perubahan mindset sangat diperlukan, terutama saat mustahik misal suka berhutang, hal tersebut perlu di teliti lebih lanjut apakah mindset mustahik juga masih sama saat sebelum dibantu dan sesudah dibantu. Semoga nanti penelitian lanjutannya bisa dimasukkan hal tersebut," jelas Aisha dalam ulasannya.

Acara dilanjut dengan tanya jawab, peserta sangat antusias dalam melakukan tanya jawab. Pemaparan hasil beasiswa riset BAZNAS, Insya Allah akan dilakukan secara periodik sebagai upaya untuk meningkatkan literasi zakat pada masyarakat. (MA) 

×
Berita Terbaru Update