-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ratusan Siswa Jombang Ikut Kompetisi Matematika Suprarasional-16 Se-Indonesia

Senin, 19 April 2021 | April 19, 2021 WIB Last Updated 2021-04-19T09:52:51Z

Jombang (Kabar-nusantara.com) - Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Cabang Jombang kembali ikut serta dalam mensukseskan perhelatan bertaraf nasional yang bertajuk 'Babak Penyisihan Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) ke-16 se-Indonesia'. 

Menurut Muklison selaku Ketua KPM, perhelatan yang menerapkan konsep biaya seikhlasnya ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para siswa. Sebanyak 12 ribu lebih siswa dari tingkat SD hingga SMA Se-Indonesia. Termasuk Kabupaten Jombang yang turut ambil bagian dalam perhelatan yang dilaksanakan secara daring itu kurang lebih ada 500 peserta, Minggu (18/4/21). 

"Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) adalah kompetisi yang semula dikenal sebagai Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR). KMNR yang telah berlangsung rutin setiap tahun selama 15 tahun kini telah diintegrasikan dengan muatan materi adab dan akhlak sehingga pada tahun ini bertransformasi menjadi KMS ke-16," tutur Mukhlison.

Di masa pandemi yang begitu panjang ini, bukan hanya masalah literasi dan numerasi saja yang harus dibenahi dalam sistem pendidikan nasional. Jauh lebih penting daripada itu adalah adab dan akhlak siswa. Mukhlison menambahkan, saat ini siswa sudah sangat jarang berinteraksi dengan orang lain, seperti Bapak/Ibu guru dan teman-temannya. 

“Hal ini tentunya akan berpengaruh pada perilaku para siswa. Maka dari itu, KPM Cabang Jombang selaku lembaga pendidikan salah satu cabang dari Klinik Pendidikan MIPA Bogor juga ikut andil mensukseskan kompetisi yang di dalamnya sarat akan makna adab dan akhlak serta peduli pada para penerus bangsa,” imbuhnya. 

Sementara itu, perhelatan tahunan KPM ini pun disambut positif para orang tua dan peserta. Salah satunya orang tua dari MI Al Huda Banyuarang menyatakan, "Alhamdulillah sangat membantu putra dan putri kami untuk lebih mengeksplorasi kemampuan diri di bidang matematika, apalagi di masa pandemi. Soalnya pun tergolong di atas kemampuan anak-anak setingkatnya, paling tidak mereka bisa merasakan soal-soal berkualitas,” katanya.

Seorang Ibu dari kedua anak peserta juga merasakan bagaimana atmosfir kompetisi yang dianggap sebagai kompetisi matematika online yang sangat ditunggu-tunggu, karena antusias peserta ribuan, bahkan sebelum pandemi bisa ratusan ribu peserta. Ini yang didamba-dambakan orang tua dan peserta. 

"Karena semakin banyak peserta yang ikut semakin menambah semangat untuk mengikuti kegiatan tersebut," ungkapnya. 

Mukhlison selaku Kepala KPM Cabang Jombang mengatakan, sebagai lembaga yang fokus bergerak dalam bidang pendidikan, KPM senantiasa menghadirkan kegiatan untuk meningkatkan dan melatih kompetensi siswa serta guru. Dalam waktu dekat, KPM juga akan menggelar beberapa perhelatan bertaraf nasional dan internasional. 

"Antara lain Kompetisi Sains Nalaria Realistik (KSNR), Olimpiade Guru Sains (OGS), International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC), Read1 Online Competition (ROC) Family, International Mathematics Assessment for Schools (IMAS), Indonesia International Mathematics Competition (IIMC)," paparnya. 

Adapun informasi seputar kegiatan KPM lainnya dan pengumuman hasil babak penyisihan KMS ke-16 akan diumumkan pada hari Jumat (23 April 2021) pukul 16.00 WIB melalui laman https://www.kpm.read1institute.org/.   (son)
×
Berita Terbaru Update