-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Oknum PLN Mesuji Pasang Listrik Warga Register 45 Tidak Pakai KWH Meter

Rabu, 28 April 2021 | April 28, 2021 WIB Last Updated 2021-04-28T07:41:22Z

Mesuji (Kabar Nusantara.com) - Beberapa Kepala Keluarga (KK) di wilayah register 45 Kabupaten Mesuji nekat mencuri listrik langsung dari kabel induknya, tanpa KWH meteran listrik. Pencurian itu melibatkan oknum pegawai PLN setempat, dengan bayaran Rp.3 juta hingga Rp 3.5 juta dan tidak perlu membayar tagihan bulanan.

Beragam modus yang dilakukan warga. Ada rumah yang menikmati listrik tanpa menggunakan meteran KWH dari pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN). 

Ada juga yang menggunakan meteran KWH, namun tidak terdaftar sebagai pelanggan PLN. Mereka memanfaatkan meteran KWH yang sudah tidak dipakai lagi oleh pihak PLN atau tidak terdaftar sebagai pelanggan.

Seharusnya demi keselamatan menggunakan Miniature Circuit Breaker (MCB) sebagai alat penyambung listrik dari tiang induk ke rumah warga. MCB tersebut dipasang agar daya yang masuk ke rumah tidak terlalu besar.

"Menurut pengakuan sejumlah warga yang ditemui diregister 45. Rabu (28/4/2021, aliran listrik yang tidak menggunakan meteran KWH resmi dari PLN itu dipasang oleh petugas PLN sendiri dan kami ini bayar langsung Rp.3 jt," tutur Muji. 

 "Termasuk yang mengambil langsung dari kabel induk. Ada beberapa rumah yang sengaja dipasang meteran KWH atas nama orang lain, dengan tujuan pihak pemasang yang baru tidak perlu membayar ke pihak PLN, tapi langsung pada pengurus mereka," kata Gento.

Ketua LSM Pembela tanah air Indonesia bersatu (PEKAT IB) Indra Prastiansyah berharap kepada pihak penegak hukum, Serta Menteri BUMN untuk segera usut oknum PLN yang membuat banyak kerugian di Bumi Ragam Begawe Caram, "karena ini bagian dari korupsi milik Negara," tutup Indra. ((eko)

×
Berita Terbaru Update