-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gempa bermagnitudo 6,7 Landa Kabupaten Malang

Senin, 12 April 2021 | April 12, 2021 WIB Last Updated 2021-04-11T21:52:11Z

Jombang (Kabar-nusantara.com) - Berdasarkan sumber resmi situs www.bmkg.go.id,  gempa yang terjadi di barat daya Kabupaten Malang itu dirasakan oleh beberapa daerah dan juga terasa sampai di Jombang dan sekitarnya. Gempa bermagnitudo 6,7 di 90 km  itu tidak berpotensi Tsunami, dikutip  pada Sabtu (10 April 2021) Sekitar Pukul 14.00 Wib. 

Berdasarkan data laporan sementara yang sudah masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, kerusakan akibat gempa tersebut tersebar di 10 Kecamatan. Yakni di  Kecamatan Poncokusumo, Jabung, Wajak, Turen, Dampit, Bantur, Kalipare, Pagelaran, Donomulyo dan Sumber Manjing Wetan. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan melalui sambungan telpon mengatakan, "Jumlah kerusakannya saya belum pasti, tapi dampak kerusakan sudah dipastikan ada. Ini yang sudah masuk di saya wilayah Poncokusumo, Jabung, Wajak, Turen, Dampit, Bantur, Kalipare, Pagelaran, Donomulyo dan Sumber Manjing Wetan," katanya.

"Laporannya ini masih sifatnya sporadis. Jadi kita belum bisa memastikan, berapa jumlah yang terdampak ataupun korban luka-luka itu kami belum tahu," jelasnya. 

Menurutnya, berdasarkan laporan sementara, kerusakan rumah paling parah ada di Kecamatan Poncokusumo. Di lokasi itu, separuh rumah warga ambruk. "Ada separuh rumah roboh di Poncokusumo, di Desa Pandansari. Saya ditelpon relawan melaporkan itu. Saya minta teman-teman untuk mendata lebih lanjut," katanya. 

Warga di Kediri sempat panik, berhamburan keluar ruma, pihaknya juga terus mendata kerusakan akibat gempa tersebut. Terutama kerusakan yang ada di Kabupaten Malang bagian selatan yang dekat dengan episentrum gempa. Sadono mengatakan, daerah yang paling dekat dengan episentrum gempa adalah Donomulyo. "Donomulyo juga ada kerusakan," jelasnya. dikutip dari sumber Kompas.com. 

Berdasarkan pantauan tim Kabar Nusantara, yang terkena musibah tidak hanya wilayah Malang, akan tetapi Kabupaten yang berada disekitarnya, seperti Lumajang. Dikutip dari  akun Facebook  Cak Thoriq yang merupakan Bupati Lumajang, ia mengabarkan “Hari ini, saya dan Bunda Indah Masdar, Pak Kapolres, Pak Dandim, Pak Danyon 527, dan Pak Sekda, berbagi tugas untuk penanganan bencana pasca gempa di beberapa titik. 

Terutama yang prioritas dengan tingkat kerusakan berat. Misalnya di daerah Tempursari, Pronojiwo, Pasrujambe, dan beberapa tempat lain,” kutipan tulisan Cak Thoriq di akun facebooknya.

"Semoga musibah cepat berlalu segera dapat bantuan dari semua pihak guna menangani korban dan kerusakan yang terjadi akibat gempa," lanjutnya. (son)

×
Berita Terbaru Update