-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Batalkan Nikah Sepihak Pemuda Banyumas Dihukum Pengadilan Rp 150 Juta

Jumat, 02 April 2021 | April 02, 2021 WIB Last Updated 2021-04-02T03:32:25Z

Banyumas (Kabar-nusantara.com) - Seorang pria di Banyumas, Jawa Tengah, berinisial AS (34) dihukum Mahkamah Agung (MA) sebesar Rp 150 juta karena membatalkan pernikahan sepihak. MA menyatakan AS terbukti ingkar janji tak menikahi kekasihnya berinisial SSL. Dilansir dari laman news.detik.com, Sabtu (13/03/21)

Hal itu tertuang dalam putusan kasasi yang dilansir website MA, Senin (8/3). Di berkas gugatan itu diceritakan kasus itu bermula saat AS dan SSL menjalin hubungan pacaran.

Pada 14 Februari 2018, AS melamar SSL sesuai dengan adat istiadat Jawa. AS bersama orang tua dan kerabatnya datang ke rumah SSL membawa cincin pertunangan dan barang hantaran. Dalam acara lamaran itu, disepakati pernikahan akan digelar pada September 2018.

Usai lamaran, AS membawa SSL jalan-jalan ke Cilacap dan check in di hotel. Di kamar tersebut, AS merayu dan membujuk SSL untuk berhubungan layaknya suami-istri.

Namun SSL menolak dengan alasan belum sah sebagai suami-istri. AS merajuk, mengungkit bahwa keduanya sudah lamaran dan tinggal menunggu waktu untuk menikah. SSL akhirnya terbujuk oleh omongan maut AS hingga SSL menyerahkan keperawanannya kepada AS malam itu juga.

Baru berjalan dua bulan, watak asli AS terungkap. AS kembali menjalin hubungan asmara dengan mantan pacarnya. Hingga pada waktu yang dijanjikan, AS batal menikahi SSL.

Pada Oktober 2018, AS datang ke rumah SSL dan bertemu dengan kedua orang tua SSL. Dalam pertemuan itu, AS menyatakan tidak jadi menikahi SSL. Mendengar hal itu, keluarga SSL tidak terima dan menggugat AS ke pengadilan.

Pada 27 Juni 2019, Pengadilan Negeri (PN) Banyumas memutuskan AS telah melakukan perbuatan melawan hukum dan telah merugikan SSL. Oleh sebab itu, AS dihukum untuk membayar ganti rugi kepada SSL berupa kerugian imateriil sebesar Rp 100 juta secara tunai dan sekaligus. Duduk sebagai ketua majelis Enan Sugiarto dengan anggota majelis Tri Wahyudi dan Randi Jastian Afandi.

AS tidak terima dengan putusan itu dan mengajukan permohonan banding. Bukannya dimenangkan, hukuman ke AS malah diperberat. Pengadilan Tinggi (PT) Semarang memperberat ganti rugi imateril yang harus dibayar AS ke SSL menjadi Rp 150 juta secara tunai dan sekaligus. Duduk sebagai ketua majelis Dwi Prasetyanto dengan anggota Santun Simamora dan Saparudin Hasibuan.

AS makin tidak terima atas vonis itu. Kasasi langsung dilayangkan. Bukannya diringankan, vonis MA justru menguatkan putusan Pengadilan Tinggi Semarang.

"Menolak permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi tersebut. Menghukum Pemohon Kasasi untuk membayar biaya perkara dalam tingkat kasasi ini sejumlah Rp 500 ribu," kata majelis kasasi yang diketuai I Gusti Agung Sumanatha dengan anggota Sudrajad Dimyati dan Pri Pambudi Teguh.

MA menyatakan AS telah melakukan perbuatan melawan hukum karena telah membatalkan secara sepihak rencana pernikahan dengan SSL yang telah disepakati bersama tanpa alasan yang sah. Padahal sebelumnya telah dilakukan kesepakatan yang melibatkan kerabat kedua belah pihak.

"Sehingga pembatalan a quo membawa kerugian moril pada Penggugat Konpensi dan keluarga," pungkas majelis kasasi.

Saat ditemui detikcom di rumahnya awal pekan ini, AS mengaku kaget mendengar putusan MA. Dia mengaku belum menerima salinan putusan dari MA terkait hukuman Rp 150 juta itu.

"Ya saya malah kaget ini tiba-tiba ada berita seperti itu, dari pihak pengacara saya juga belum ngasih tahu masalah itu, malah saya jadi bingung," kata AS.

"Paling ya saya mau koordinasi dulu sama pengacara saya mau gimana nantinya. Saya sendiri sejak awal tidak ngerti ini yang dipermasalahkan apa, melanggar apa, saya juga tidak tahu, hanya mengikuti dan mengimbangi," sambungnya.

Selengkapnya pengakuan AS maupun pihak SSL soal pembatalan pernikahan yang berujung hukuman Rp 150 juta.. (Arbi Anugrah – detikNews/As)

 

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5492166/pria-di-banyumas-batalkan-pernikahan-sepihak-berbuntut-hukuman-rp-150-juta?_ga=2.254222798.758410438.1617282824-1728629796.1594674072

×
Berita Terbaru Update