-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Intip Manisnya Usaha Buah Melon Desa Pucangsimo Bandar Kedung Mulyo, Jombang

Selasa, 16 Maret 2021 | Maret 16, 2021 WIB Last Updated 2021-03-16T06:40:50Z

JOMBANG (Kabar-nusantara.com) - Desa Pucangsimo Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Merupakan salah satu penghasil Melon, banyak petani yang menanam Melon, pada musim-musim tertentu, tetapi bagi Imam salah satu petani di Pucangsimo yang juga sebagai perangkat Desa, 

Menurut Imam, menanam melon merupakan usaha sampingan yang sangat menjanjikan ke depan, karena setiap tahun bisa 3 kali panen, tanpa harus menunggu musim yang pas menanam melon.
Dia mengatakan Melon bisa di tanam setiap waktu, selama ada niat dan usaha dalam menjalankan. 

Melon yang ditanam olehnya yaitu Melon Inthanon yang bibitnya berasal dari Thailand, melon ini pangsa pasarnya di Mall atau Supermarket. Ini merupakan salah satu melon andalan yang ditanam olehnya, berkat kerjasama dengan Pihak ketiga guna membantu dalam masalah permodalan dan pemasaran. 

Dalam menanam melon diperlukan kesabaran, karena langkah awal yang harus dilakukan adalah adanya lahan yang sesuai terutama jauh dari banjir. Lahan melon yang di miliki Imam tertutup rapat dengan menggunakan plastik sebagai antisipasi hama dan cuaca, karena dengan adanya penutup lahan atau rumah kaca/green house dari plastik sehingga menjaga stabilitas tanaman melon.

Perawatan melon dilakukan setiap hari dengan 10 Karyawan yang membantunya mulai dari pengolahan lahan sampai tahap panen. Usia melon dari tahap awal sampai akhir yaitu 60-75 hari. Pada saat tim Kabar News Nusantara biro Jombang berkunjung kesana pas panen jadi bisa merasakan manis dan segarnya melon Inthanon yang tidak dijual bebas di pasar umum, karena hanya dijual di Supermarket atau mall.

Imam berencana menambah lahan guna mencukupi pasokan buah melon khususnya di Jawa Timur, dan di Indonesia pada umumnya. Semoga apa yang diharapkan petani Melon tercapai, nah bagi kalian yang mau bertanam dan Info tentang melon bisa belajar kepada Imam yang sangat ramah. (son)
×
Berita Terbaru Update