-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Baznas Muara Enim Gandeng Bank Sumsel Syariah Sosialisasi Zakat

Selasa, 09 Maret 2021 | Maret 09, 2021 WIB Last Updated 2021-03-09T16:44:54Z

Muara Enim (Kabar-nusantara.com) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Muara Enim mengadakan sosialisasi zakat infaq sedekah menggunakan Q-RIS bersama Bank Sumsel Syariah,  Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Muara Enim, bertempat di Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim.

Ketua Baznas Kab. Muara Enim Drs. H. Fajeri Erham, MM, menyatakan, "kami mengajak seluruh kaum muslim melalui pengurus UPZ masjid untuk mensyiarkan zakat, infaq dan sedekah dengan layanan lebih mudah karna ada progrom barcode Q-RIS bersama Bank Sumsel Syariah," ungkapnya 

Sementara Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Syariah Muara Enim H. Ishak Matchik.,SE., MM mengatakan dalam kegiatan ini mengharapkan agar pengurus masjid  dapat menempatkan tabungannya dengan membuka rekening di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Muara Enim.

Apalagi Bank Sumsel Babel Syariah adalah Bank Pembangunan Daerah milik Kabupaten Muara Enim juga berkontribusi untuk membangun Sumatera Selatan khususnya di Muara Enim. Dengan bertransaksi di Bank Sumsel, salah satunya dengan berzakat melalui Bank Sumsel Syariah. "dan kami terus mendukung serta menggelorakan pentingnya berzakat,” jelasnya.

Ditambahkan, salah satu program unggulan yang disosialisasikan tadi adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) hal ini memudakan dalam mengumpulkan dana, untuk nasabah dengan melakukan transaksi dengan memotret QRIS sehingga tidak perlu ke Bank lagi,” ungkap H. Ishak.

Komisioner Baznas Kab. Muara Enim H. Syahcril, SH, M.Si. M.Hi. saat menjadi narasumber kegiatan ini mengatakan Baznas sebagai lembaga resmi yang berhak mengumpulkan zakat termasuk dimasjid–masjid. Kepada pengurus Masjid agar kiranya segera membuat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dengan masa berlaku selama lima tahun.

Dikatakannya, bagi Masjid yang belum ada Surat Keputusan (SK) UPZ, dikhawatirkan jika tidak ada SK dianggap pungli ini bisa di kenai sanksi atau denda, cukup via SMS saja ke petugas Baznas Kab Muara Enim sangat mudah dan tidak dipersulit, dengan demikian kita tahu potensi zakat di Muara Enim,” jelas Syacril.

H. Tjic Melan sebagai ketua DMI menyampaikan bahwa apabila pengurus masjid dapat memaksimalkan penghimpunan zakat melalui UPZ yang terdaftar di BAZNAS, maka masjid tersebut bisa diberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas keilmuan agamanya bersama DMI, selain itu juga bisa membantu masyarakat sekitar masjid yang tidak mampu.

Akhirnya, acara yang dihadiri oleh Asisten 3 Pemkab Muara Enim bersama bintang tamu Yai Nazjib dari Palembang ini ditutup dengan foto bersama. (Achyar)

×
Berita Terbaru Update