-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati Sorong Selatan Launching Vaksin Covid-19 Sinovac Aman dan Halal

Jumat, 05 Februari 2021 | Februari 05, 2021 WIB Last Updated 2021-02-04T22:48:19Z

  

Sorong Selatan (Kabar-nusantara.com) - Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE, MAP resmi membuka launching vaksinasi Covid 19 Sinovac, bertempat di RSUD Schoolo Keyen ( 2/2/2021 )

Hadir dalam acara ini perwakilan WHO Provinsi Papua Barat, Kapolres Sorong Selatan AKBP Sahat Maruli Hamonangan Siregar SH,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sorong Selatan Drs. D. M. Syaranamual, MPd, Asisten 3 Bidang Administrasi Umum H. M Aris, SKM, M.Kes,

Kemudian hadir pula staf ahli bidang pemerintahan JamesTipawael, SP. MSi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong Selatan dr. Yusuf Sipayung, Direktur RSUD Shcoloo Keyen drg. ksan Pangeran serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, tokoh agama dan sejumlah tenaga kesehatan.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE, MAP dalam sambutannya, menjelaskan bahwa Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah dinyatakan oleh WHO sebagai pandemik global dan di Indonesia telah dinyatakan sebagai Bencana non-alam nasional, sehingga wajib dilakukan upaya penanggulangan.

Menurutnya pencegahan dengan protokol kesehatan 3 M belum cukup untuk mengendalikan penularan dan perlu segera dilakukan intervensi lain yang efektif yaitu melalui upaya pemberian vaksinasi.

Untuk kesembuhan, kita patut bersyukur kepada yang Maha Kuasa karena persentase kesembuhan Kabupaten Sorong Selatan cukup tinggi yaitu 87 %. “Untuk itu apresiasi yang tinggi saya berikan kepada seluruh tenaga kesehatan atas dedikasinya dalam penanganan klinis kasus Covid-19,” paparnya

Bupati menambahkan, kemarin Bapak Presiden telah mengawali menjadi orang pertama penerima vaksinasi covid-19 di Indonesia, maka hari ini para tokoh di daerah pada 34 provinsi secara serentak juga akan menjadi penerima vaksinasi pertama di daerahnya masing-masing.

“Moment ini diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan publik akan keamanan dan kehalalan vaksin yang selama ini menjadi keraguan di masyarakat,”jelasnya

“Untuk itu Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada 10 tokoh yang sebentar lagi akan mengawali penerimaan vaksinasi. Semoga contoh baik ini akan diikuti oleh seluruh sasaran di Kabupaten Sorong Selatan.

Sehingga target 70% populasi terimunisasi sebagai syarat terbentuknya pengendalian pandemi Covid-19 ini dapat kita capai. “Saya minta, apa yang kemarin dan hari ini kita saksikan bersama dapat diikuti juga oleh para tokoh yang ada di Kabupaten tercinta ini,” tambahnya.

Bupati kemudian meminta kepada semua pihak untuk berperan aktif menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yang direncanakan baru akan selesai pada Maret 2022, sesuai dengan tugas dan kewenangan yang ada.

“Bagi satgas dan instansi terkait pada tingkat Kabupaten, jalin koordinasi yang lebih intens. Bila ada kendala dan hambatan dilapangan. segera beri dukungan yang diperlukan, memberikan teladan kepada masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Menyebarkan informasi yang baik dan benar berdasarkan data dan fakta, serta mengikuti agenda vaksinasi sesuai ketentuan yang berlaku,” imbuhnya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong Selatan dr.Yusuf Sipayung menegaskan bahwa saat ini vaksin tahap pertama termin-1 yang telah kita terima sebanyak 1.360 dosis yang diperuntukkan bagi 680 tenaga kesehatan  (Nakes) di Kabupaten Sorong Selatan.

“Dan pada termin-2 akan dilaksanakan pada bulan Maret bagi tenaga publik dan pada termin-3 pada bulan April - Mei bagi masyarakat umum,” ungkapnya.

Launching vaksin ini dengan harapan merupakan langkah awal yang baik untuk memotivasi seluruh warga masyarakat Kabupaten Sorong Selatan, baik tenaga kesehatan maupun wahga yang lain.

“Vaksin ini aman dan halal sudah ada rekomendasi dari Balai POM dan rekomendasi dari MUI sehingga tidak perlu diragukan lagi,” tandasnya.  (Robert)

×
Berita Terbaru Update