-->

Notification

×

Iklan

Iklan searcher

Iklan

Walau Terkendala Izin ORTU, Sri Supadmi, SPd Sukses Jadi Penulis dan Kepala SMPN-2 Kusan Hulu

Jumat, 08 Januari 2021 | Januari 08, 2021 WIB Last Updated 2021-01-08T17:32:08Z
 
Oleh : Ahmad Riyan Nailanie, SPd.

Riyan, reporter media online Kabar-Nusantara.com. berhasil mewawancarai seorang ibu Kepala Sekolah SMPN-2 Kusan Hulu yang juga seorang penulis berbakat. Berikut petikan wawancara lengkapnya:

Reporter : Baik, terimakasih atas waktunya ya Ibu Sri Supadmi. saya ingin bertanya mengenai beberapa hal, tentang  hobi ibu sebagai penulis. Sejak kapan ibu mulai suka menulis?

Nara sumber : Dari kecil saya suka menulis, mulai dari TK sudah suka menggambar, baca puisi. Sejak SD, SMP,  SMEA saya paling suka pelajaran Bahasa Indonesia. Itu  adala pelajaran favorit saya.  Pelajaran bahasa selalu mendapat nilai tinggi. Waktu kuliah sebenarnya mau ambil jurusan bahasa, tapi orangtua tidak memperbolehkan. Katanya   sudah banyak lulusan bahasa yang nganggur.

Reporter : Menurut informasi yang kami dapat, Ibu adalah Kepala Sekolah SMPN 2 Kusan Hulu, nah di tengah-tengah kesibukan kerja sebagai  Kepala Sekolah, bagaimana ibu membagi waktu untuk menulis?

Narasumber : Saya setiap hari selalu meluangkan waktu 1-2 jam untuk menulis, bisa saat malam hari saat mau tidur, bangun tidur atau sore hari setelah pulang kerja dari sekolah. Bahkan bisa juga tengah malam saat terbangun. Kalau ada ide saya langsung menulis.

Reporter : Sejak kapan ibu mulai hobi menulis?

Narasumber : Hobi menulis sebenarnya mulai kelas 6 SD, nulis cerpen. Lanjut SMP, pernah ikut lomba menulis remaja dan lingkungan juga. Kemudian lama berhenti. Mulai lagi tahun 2016 menulis artikel, puisi dan cerpen. Artikel saya saat itu menghiasi koran Radar dan koran Banjarmasin Pos.  Kalau  puisi dan cerpen hanya sebatas menulis di grup WA IGI dan di Facebook hingga sampai sekarang 2021.

Reporter : Adakah tokoh tertentu yang menjadi sumber inspirasi dalam tulisan Ibu?

Narasumber : Sumber inspirasi menulis dari pakde (Kakaknya Ayah) beliau seorang penulis, dan karyanya banyak dikenal  bahkan untuk buku  pelajaran di SD ada dan sudah kontrak dengan penerbit. Hidupnya tertopang dari penulis walaupun beliau juga seorang Kepala Sekolah SD.

Reporter : Ada berapa karya-karya Ibu yang sudah terpublikasi?\

Narasumber : Kalau di bidang melukis dulu di SD dan SMP sering ikut lomba melukis dan untuk karya saya lumayan banyak antara lain : Untuk menari sering diundang diacara orang pernikahan, di acara sekolah dan sering dapat uang dari menari. Untuk karya dibidang menulis, pernah juara 1 remaja dan lingkungan waktu di SMP. Kemudian mulai tahun 2016, ada sekitar 20 lebih tulisan artikel / opini yang menghiasi koran Radar dan Banjarmasin Pos, ada juga di media online apahabar.com.  Buku karya tunggal ada : 5 judul buku (Muhibah Cinta On The Road ke Pulau Jawa, Aluh Mutiara dari Kalimantan, Langkah Pasti Raih Prestasi, Bang Dhin Tokoh Inspiratif Muda, dan Ada Asa yang Tersisa, serta 10 buku karya bersama.

Reporter : Genre apa saja yang sudah Ibu tulis?

Narasumber : Genre Horor, Romantic, Motivasi, Biografi, dan Kisah Perjalanan.

Reporter : Untuk hal kepenulisan, apakah Ibu mempunyai kendala?

Narasumber : Kendalanya kadang karena kesibukan gak bisa menyelesaikan karya yang begitu banyak sudah dikonsep baik di kepala maupun di laptop dan HP.

Reporter : Dalam menulis suatu karya, jenis/genre apa yang sangat Ibu sukai?

Narasumber : Genre yang saya sukai tentang cinta (Romansa).

Reoorter : Apa sebenarnya tujuan utama Ibu menulis?

Narasumber : Tujuan utama saya menulis untuk menyalurkan hobi, menyalurkan ide, gagasan. Mencatat sejarah untuk generasi di masa yang akan datang.

Reporter : Adakah rencana untuk membuat buku baru untuk karya Ibu selanjutnya?

Narasumber : Rencananya mau buat buku kumpulan cerpen, buku tentang perjalanan karier Kepsek/ keberhasilan Kepsek dan Novel tentang Keluarga dan Cinta.

Reporter : Waow, berarti masih banyak ya bu, yang ingin anda tulis, baik ibu, mungkin bisa memberikan tips menulis yang baik untuk generasi kami?

Narasumber : Baiklah berikut adalah tips menulis dari saya:

· Tentukan tujuan utama menulis
· Untuk siapa kita menulis (pembacanya)
· Tentukan tema
· Buat target dalam menulis
· Luangkan waktu 1-2 jam dlm sehari
· Konsisten
· Terus belajar dari pengalaman
· Rajin ikuti event2
· Buat relasi ( Untuk ke penerbit, tokoh / 10. 10. Donatur kalau ada, pembeli, pelanggan / rekan)
· Jalin mitra
· Terus berkarya

Reporter : Baiklah terimakasih ibu atas kesediaan waktu untuk memberikan semua tips-tips ini, semoga bermanfaat.

×
Berita Terbaru Update