-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Padi Rusak Dimakan Tikus, Petani Mesuji Terancam Gagal Panen

Jumat, 29 Januari 2021 | Januari 29, 2021 WIB Last Updated 2021-01-29T11:59:37Z

 

Kabar-Nusantara.com, Lampung - Ratusan hektar tanaman padi di Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji, Lampung terancam gagal panen, padi rusak akibat serangan hama tikus sejak beberapa minggu terakhi ini. Semua cara sudah di lakukan tetapi hama tikus masih merajalela, ujar seorang petani. (29/01/2021)

Menurut Toha, petani telah melakukan berbagai upaya untuk membasmi hawa tikus, diantaranya  dilakukan mulai dari dengan menggunakan cairan kimia, memburu tikus hingga membuat pagar mengelilingi lahan padi. "Namun serangan tikus tetap tidak terkendali," katanya. 

Ratusan lahan padi yang tersebar di Kecamatan Mesuji ini terancam gagal panen. Akar hingga batang padi rusak parah, hampir semua petani di wilayah ini sawahnya terkena serangan hama tikus. "Kami sudah tidak bisa apa-apa lagi, ” keluhnya.

Untuk menekan kerugian sudah tak mampu lagi, bahkan sebagian petani sudah putus asa dan pasrah, karena  segala upaya sudah dilakukan tak bisa membantu mengatasi hama tersebut. Apa lagi karena padi baru berumur 2-3 minggu, bahkan sebenarnya saat ini adalah awal musim tanam,” ucapnya.

Kini, para petani berharap uluran tangan pemerintah untuk memberikan bantuan bibit padi serta menangani ganasnya serangan hama tikus yang terjadi setiap musim tanam. Apalagi bersamaan wabah pandemi covid-19 yang belum berakhir, para petani mengaku bertambah kesulitanya untuk mendapatkan pencaharian. 

“Mudah-mudahan ada bantuan dari pemerintah Kabupaten Mesuji, untuk mengatasi berbagai kesulitan petani, karena kami tidak bisa mencari pekerjaan lain selain bertani,” harapnya. (Eko)

×
Berita Terbaru Update