-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Melihat Keindahan Danau Uter, Maybrat, yang Dikelilingi Bukit Kapur

Minggu, 10 Januari 2021 | Januari 10, 2021 WIB Last Updated 2021-01-10T10:16:41Z

 
Danau Uter, Distrik Aitinyo, Maybrat, Papua Barat.

Maybrat, Kabar-nusantara.com - Salah satu objek wisata alam yang cukup indah dan romantis untuk mengisi hari libur Lebaran adalah Danau Uter yang terletak di Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Tempat ini menjadi salah satu tempat liburan yang nyaman untuk keluarga maupun pasangan anda. Walau lokasinya cukup jauh, namun kelelahan 

Danau Uter, Maybrat.
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer dari bandara Kambuaya, akhirnya saya tiba di Kampung Sris. Sebuah kampung di Distrik Aitinyo yang menjadi tempat tujuan saya hari itu. Dari jarak 100 meter, Danau Uter terpampang jelas di pelupuk mata. Saya yang sejak lama mendengar keindahan Danau Uter hanya lewat cerita, sudah tidak sabar menceburkan diri ke dalamnya.

Bukit kapur di sekitar Danau Uter. 
Untuk sampai ke bibir danau, harus berjalan menuruni jalan bersemen yang terhampar luas. 
Tampak sebuah papan informasi berplat besi dengan latar warna hijau yang dipajang di sudut jalan. Papan ini bertuliskan: "Danau Uter adalah milik kitorang bersama, mari kitorang mengelola dan menjaga dengan ramah lingkungan."

Saat tiba tepat di depan danau, saya melihat airnya yang bening membiru. Tembus pandang hingga ke dasar danau. Danau ini membentuk suatu ekosistem dan istana bagi beberapa jenis ikan yang hidup bergerombol di dalamnya. Tampak keindahan danau uter dikelilingi pepohonan.

Objek wisata Danau Uter begitu memikat. Hanya saja belum banyak orang yang tertarik berkunjung ke sana. Di lokasi wisata sekitar danau pun tidak dijumpai rumah singgah (home stay), pondok wisata, ataupun fasilitas penunjang lain yang dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung.

Di sekelilingnya terkawal oleh bukit-bukit kapur bervegetasi warna-warni dan beraroma alam yang menyegarkan. Kabut pagi pun kadang datang menerpa.

Danau berbentuk cekungan ini menyambung dengan kolam-kolam serupa di sebelahnya yang dikelilingi bukit-bukit kapur yang menyembul. Perbukitan kapur ini merupakan tipe morfologi umum di wilayah Maybrat. Bukit ini biasanya ditumbuhi vegetasi berupa pepohonan kecil dan rerumputan unik. Terlihat beberapa jalan ini dibuat bagi para pengunjung untuk mengakses tempat pemandian. Dari jarak dekat, tampak pemandangan sekeliling danau yang sungguh indah.

Suasana siang ini cukup sepi. Hanya sesekali terdengar sorakan burung-burung hutan. Tidak terlihat perahu atau alat transportasi danau lainnya yang dilabuhkan. Luangkan waktu anda dari Sorong sekitar 5 jam lebih sampai di tempat ini. 

Pada Sabtu (2/1), saya memberanikan diri menggunakan sepeda motor menuju lokasi wisata Danau Uter. Saya harus melewati rangkaian hutan sekunder, kebun-kebun milik warga, serta kampung-kampung di sekitar Distrik Aitinyo. Sepanjang perjalanan, saya melihat warga setempat yang sedang bertani dan bercengkarama satu sama lain. (Engel Semunya)

×
Berita Terbaru Update