-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ribuan Karyawan Pabrik Tumpah Ruah di Jalan

Selasa, 20 Oktober 2020 | Oktober 20, 2020 WIB Last Updated 2020-10-20T00:27:50Z



Kabar-nusantara.com, Jepara (19/10) Aktivitas keramaian di depan dan sepanjang jalan, baik di samping pabrik dan depan pabrik PT Hwaseung Indonesia (PT.HWI) di penuhi oleh karyawan pabrik berusia produktif, untuk menikmati istirahat sekaligus makan siang jam 11.30.

Di salah satu warung, seorang karyawan  menjelaskan, aktivitas ini berlangsung sudah sejak lama sekitar tahun 2016. Ini merupakan kebiasaan seluruh karyawan pabrik, saat istirahat langsung berhamburan tumpah ruah di jalan, di arena sekitar pabrik mencari makan siang diwarung-warung yang ada disini.  Sehingga hal ini menjadi berkah tersendiri bagi penduduk setempat, sebagai mata pencaharianya. 

PT. Hwaseung Indonesia adalah perusahaan manufaktur sepatu Indonesia. Saat ini memproduksi sepatu dengan merk dagang Adidas, didirikan pada 19 April 2016 di Jalan Krasak - Banyuputih RT 09 RW 03 Desa Banyuputih Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Produk PT. Hwaseung Indonesia diekspor ke berbagai negara semisal, Amerika, Eropa dan Asia. Dengan jumlah karyawan 6.500 saat ini mampu memproduksi 800.000 pasang sepatu per bulan.

Pabrik ini salah satu pabrik PMA yang sudah cukup lama beroperasi di Kabupaten Jepara, dengan kapasitas pabrik cukup besar dan menampung ribuan pekerja baik pria dan wanita. Sekaligus memberikan kontribusi PADes Desa Banyu Putih dan PAD Kabupaten Jepara.  Salah satu Kabupaten yang tingkat minat investor cukup tinggi, di wilayah provinsi Jawa Tengah.

Desa Banyu Putih, Kecamatan Kalinyamatan,  yang di pimpin oleh Petinggi Joko Prakoso, saat dikonfirmasi mengatakan "senang bisa menjadikan wilayahnya  makmur, dengan adanya pabrik PMA yang beroperasi di wilayahnya. Hal ini tentu dapat menaikkan taraf hidup warganya.

Data terakhir di tahun 2019, Kabupaten Jepara, berhasil mencapai realisasi nilai investasi hampir Rp. 23 trilyun. Ini membuktikan bahwa Kabupaten Jepara menjadi daerah yang ramah untuk investor, baik dari Korea, China bahkan India.

Pabrik HWI yang berlokasi di Desa Banyu Putih, notabene merupakan pabrik garmen terbesar di Jepara, baik dari luas area pabrik, total pekerja dan kapasitas produksinya.

Pabrik ini juga mempunyai fasilitas yang lengkap seperti Musholla dan Kantin katering untuk hampir 13 ribu karyawan. Sedangkan untuk gaji pekerja di perusahaan ini mengikuti UMK Jepara. Di tahun 2020 UMK di Jepara sudah mencapai Rp. 2.150.000. Jika di tambah dengan gaji lembur maka gajinya bisa mencapai Rp. 3 jutaan setiap bulan. Ada juga tunjangan, Transport  dan makan siang gratis.

PT. Hwaseung Indonesia dinilai sangat profesional karena  berpedoman pada Standar kerja dunia ISO : 14001 dan OHSAS 18001. Untuk mempertahankan kinerja yang baik di bidang lingkungan dan K3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dan perusahaan ini selalu mengutamakan Amdal lingkungan, keselamatan pekerja, dan kesehatan para pekerjanya, di jamin oleh perusahaan dengan mendaftarkannya ke BPJS.

Perusahaan ini juga berstandar ISO : 9001 yaitu menjamin mutu

 dan kualitas sepatu yang diproduksi. Produk-produk dari sini terjamin kualitasnya. Bahkan minim cacat produksi  karena sudah melewati proses yang berjenjang dan terukur.

(Tim Jepara)

×
Berita Terbaru Update