-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Desa Pelakat Muara Enim binaan PT. BA Raih Proklim Lestari Tingkat Nasional

Sabtu, 24 Oktober 2020 | Oktober 24, 2020 WIB Last Updated 2020-10-23T18:27:17Z

Kabar-nusantara.com, Jakarta (23/10) Desa Pelakat Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Tahun ini, Desa Pelakat, binaan CSR PT. BA meraih penghargaan tertinggi sebagai Desa terbaik dalam inovasi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim se-Indonesia. Dengan demikian Kabupaten Muara Enim merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang mampu mempertahankan penghargaan Proklim tingkat nasional. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal KLHK RI, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M.M., yang diterima oleh Kepala Desa Pelakat, Kohapa didampingi Kasi. Pemeliharaan dan Konservasi Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim, Khusnul Muassiroh, S.T. yang disaksikan secara virtual oleh Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H. 

Kepala desa Pelakat sebagai penerima penghargaan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung, "Kami masyarakat desa Pelakat berterimakasih kepada CSR PTBA yang telah membina kami sehingga mampu mengharumkan nama Kabupaten Muara Enim di tingkat nasional. kami juga mengucapkan terimakasih kepada Laznas Al-Azhar yang dulu dari awal telah membina desa Pelakat dari desa tertinggal menjadi desa berprestasi berkali-kali ditingkat Nasional bahkan Internasional." Ungkapnya.

Lebih lanjut Plt. Bupati berharap penghargaan ini dapat dijadikan motivasi untuk berbuat lebih baik lagi, khususnya dibidang kelestarian alam dan lingkungan hidup bagi seluruh desa di Kabupaten Muara Enim. Selain Proklim Lestari, Kabupaten Muara Enim juga meraih predikat Proklim Utama, yaitu sebagai kabupaten terbaik dalam mendukung Proklim dan kelestarian lingkungan. Hal ini ditandai dengan turut diterimanya sertifikat Proklim untuk beberapa desa lainnya, yaitu Desa Air Talas, Kecamatan Rambang Niru dengan pendamping PT. Pertamina (Persero) Asset 2 Limau Field, Desa Danau Gerak, Desa Tanjung Tiga dan Desa Tanjung Agung di Kecamatan Semende Darat Ulu dengan pendamping PT. Bukit Asam. Atas prestasi ini, Plt. Bupati.selaku pembina mendapatkan apresiasi dari Menteri LHK RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.,.atas kontribusi nyata pemerintah daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim. 

(Ach)

×
Berita Terbaru Update