-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Muzakir, Pria Berumur 21 Tahun Bertubuh Balita Akhirnya Dapat PKH Adaptif

Minggu, 27 September 2020 | September 27, 2020 WIB Last Updated 2020-09-27T04:13:58Z

Kabar-nusantara.com, Lombok Tengah, Muzakir, Pria Berumur 21 Tahun Bertubuh Balita Akhirnya diusulkan mendapatkan PKH Adaptif 

Masih ingat dengan Muzakir?  Ya Pria Berumur 21 Tahun di Lombok Tengah Bertubuh layaknya balita. Jika umumnya di usia 21 tahun seseorang telah tergolong dewasa namun berbeda dengan Muzakir seorang pria di Dusun Pidade, Desa Sintung, Kecamatan Peringgarata, Kabupaten Lombok Tengah yang memiliki kelainan pada pertumbuhannya. Pria ini memiliki postur tubuh layaknya balita dengan tinggi 65 cm dan berat 10 kilogram. Padahal pria kecil seperti bocah balita ini telah berusia 21 tahun karena dilahirkan pada tahun 1999.

Muzakir adalah putra dari pasangan suami istri Junaidi (48) dan Murah (47). Sayangnya di saat kondisi Muzakir yang seharusnya butuh perhatian dan kasih sayang orang tua justru pria ini hanya tinggal bersama sang kakek bernama Giman yang kini berusia 65 tahun.

Namun dibalik itu semua ada secercah harapan untuk Muzakir dan keluarga,  karena sejak tanggal 28 agustus 2020 PPKH Kabupaten Lombok Tengah dalam hal ini pendamping sosial PKH Desa Sintung telah melakukan proses validasi data dalam rangka pengusulan agar Muzakir bisa di usulkan mendapatkan bantuan PKH adaptif.  

"Di dalam PKH terdapat program PKH adaptif yang berfungsi untuk mengakomodir korban bencana alam menjadi perserta PKH baru. "Salah satu penerimanya yaitu para korban bencana atau kejadian luar biasa dan jatuh miskin yang kami sebut PKH adaptif," ujar Pendamping PKH Desa Sintung Hasna Sholihah. 

Ditambahkannya lagi bahwa Penerapan PKH Adaptif tersebut pernah dilakukan pemerintah terhadap  keluarga yang terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung ,  Korban Gempa Lombok,  Korban tsunami Palu dan donggala,  pengungsi Ahmadiyah dan pengungsi eks timor leste. 

Hingga saat ini proses pengusulan Muzakir sebagai penerima PKH adaptif sudah sampai proses persetujuan (aproval)  Koordinator Kabupaten,  artinya muzakir sudah masuk ke dalam database yang terdapat pada aplikasi epkh dan sudah dapat dilakukan pemutakhiran data sehingga kalau tidak ada kendala bantuan PKHnya insyaallah bisa masuk pada pencairan tahap 4 tahun 2020 ini.

(Luthfi) 

×
Berita Terbaru Update