-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Administrasi Desa Moronge Satu Lumpuh. Warga tak Terima Bantuan.

Rabu, 23 September 2020 | September 23, 2020 WIB Last Updated 2020-09-30T23:33:12Z

Kabar-nusantara.com, Moronge Satu, Talaud (18/09). Kondisi perekonomian masyarakat desa Moronge Satu, Kab. Kepl. Talaud yang 90% berprofesi sebagai petani sangat bergantung pada perputaran roda perekonomian pemerintah daerah. Tatanan dan sistem pemerintah daerah yang teratur akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakatnya. Kepala wilayah Kec.Moronge dalam hal ini Camat yaitu Geritje Bee, SH (18/09/20) diruang kerjanya dengan gamblang menjelaskan : "Calon kepala Desa Moronge Satu yang terpilih tidak bisa  dilantik, karena masih harus menunggu keputusan dari pihak kejaksaan tentang status hukum yang bersangkutan. Dan dalam rentang waktu yang tidak ditentukan. Semua sistem pemerintahan desa akan diserahkan kepada Sri Ratu Lumeling selaku Pelaksana Harian (Plh)".

"Saya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Pemerintah Daerah" tambahnya lagi.

Sebagai pelaksana harian (Plh) Sri Ratu Lumeling tidak berwenang mengambil keputusan dan/atau tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian dan alokasi anggaran.

Dalam keterangannya sebagai Plh. Kepala Desa Moronge Satu,  "saya hanya melaksanakan tugas saya berdasarkan status & posisi saya sebagai  Plh, untuk keputusan-keputusan strategis lainnya semuanya dikoordinasikan dengan pemerintah wilayah". 

Lalu bagaimana dengan penanganan bantuan - bantuan pemerintah yang notabene saat ini sangat dibutuhkan untuk mendongkrak tingkat perekonomian masyarkat akibat dampak pandemi Covid-19, seperti Bantuan langsung tunai (BLT) dana desa, bantuan sembako, dan sebagainya. 

"Desa-desa tetangga sudah menerima bantuan tahap Tiga, sedangkan kami ini tahap Satupun belum ada, bagaimana ini? " tutur seorang ibu rumah tangga yang suaminya kehilangan mata pencaharian imbas dampak  Pandemi Covid-19. 

"Kami sesegera mungkin akan mengusulkan pelantikan Pelaksana tugas (Plt), kami akan merekomendasikan beberapa nama untuk nanti  ditunjuk sebagai Plt.kepala desa Moronge Satu, agar sistem pemerintahan desa segera berjalan sebagaimana mestinya dan masyarakat juga sudah bisa menerima bantuan yang sudah menjadi hak mereka" kata Geritje menjelaskan. 


(Eleanor) 

×
Berita Terbaru Update